Kapolri dan Panglima TNI Lakukan Penanaman Pohon Mangrove dan Penebaran Benih Ikan di Banten

 

Tribratanews.polri.go.id – Tanggerang. Kapolri, Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.I.P, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, para pejabat TNI- Polri dan unsur Forkopimda Banten dan Tangerang serta tokoh masyarakat beserta berbagai organisasi kemasyarakatan dan kelompok masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman puluhan ribu pohon mangrove dan pelepasan benih ikan nila, bertempat di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (21/02/2020).

Kegiatan yang bertajuk “TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir” bukan hanya dilaksanakan di Kabupaten Tangerang, Banten, tetapi serentak dilaksanakan di 34 provinsi Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tangerang Drs. Ahmed Zaky, mengawali kegiatan tersebut dengan memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Kapolri dan Panglima TNI, Kepala BNPB, sejumlah Kementerian RI, PJU Mabes Polri, Forkopimda Banten. Bupati Tangerang juga menyampaikan apresiasi nya kepada Kapolri, Kabaharkam, Kapolda Banten, Kapolresta yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk memprakarsai penanaman pohon ini di wilayah Tangerang sebagai pusat kegiatan dan ini merupakan suatu kehormatan bagi pemerintah daerah Provinsi Banten dan khususnya Kabupaten Tangerang.

Setelah Bupati Tanggerang memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan Arahan Panglima TNI yang didampingi oleh Kapolri. Dalam sambutan dan arahan nya, Panglima TNI Menyampaikan apresiasi nya dan penghormatannya kepada Kapolri dan Kabaharkam, ditengah kesibukan yang begitu banyak mengurus negara dan masyarakat, tapi masih sempat dan bisa memikirkan,menginisiasi serta melakukan upaya penanaman pohon secara serentak di seluruh wilayah indonesia dan menabur benih ikan, sebagai upaya untuk menjaga, memelihara ekosistem dan kelestarian lingkungan.

“Saya sangat bangga dengan Kapolri atas semua dedikasi dan kinerja ini, semoga inisiasi ini bisa diikuti oleh semua elemen dan saya mengajak semua pemerintahan di daerah masyarakat, untuk ikut menjaga kelestarian lingkungannya dan tidak sembarangan membuang sampah, sehingga dapat memelihara kesehatan di daerah nya masing masing,” jelas Panglima TNI.

Selanjutnya, setelah arahan dari Panglima TNI tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan, pemberian secara simbolis pohon mangrove, benih ikan nila kepada Kepala desa, babinsa, bhabinkamtibmas, pelajar, organisasi pemuda, dan akademisi.

Kapolri, dan Panglima TNI serta Kementrian, Kepala BNPB, melanjutkan kegiatan dengan meninjau ekonomi kerakyatan khas daerah Kecamatan Mauk dan Banten. Selanjutnya melakukan penanaman ribuan pohon mangrove dan melepas jutaan bibit ikan nila. Penanaman Pohon di lakukan langsung oleh Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, PJU Mabes Polri, Kapolda Banten, Kasdam Jaya, Danrem 065/Wijayakrama, Wakil Gubernur Banten, Bupati Tangerang, Pelajar SD, SMP, SMA Dan Mahasiswa.

Diakhir Kegiatan, Kapolri dan Panglima TNI mengajak seluruh Peserta yang hadir agar selalu menjaga kelestarian lingkungan, Selain itu tujuan ditanamnya Pohon Mangrove ini adalah untuk mencegah terjadinya Abrasi Air Laut serta menjaga kelestarian alam kita.

(fn/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password