Cegah Pengaturan Skor, Polda Jateng dan Asprov Bentuk Satgas Antimafia Bola

Tribratanews.polri,go.idSemarang. Polda Jateng membentuk Satgas Antimafia Bola menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Tahun 2020. Tugas dari Satgas Antimafia akan mengawasi pertandingan Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Piala Suratin.

Satgas Antimafia Bola terdiri dari anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum, Intelijen dan Keamanan, Pengamanan Objek Vital, serta Profesi dan Pengamanan Kepolisian yang dibantu oleh PSSI Asosiasi Provinsi Jateng.

Kasatwil Satgas Antimafia Bola Jawa Tengah, Kombes Pol. Budi Hariyanto menjelaskan, tim Satgas Antimafia Bola berupaya mencegah praktik-praktik  non-teknis di luar pertandingan sepak bola di wilayah hukum Jawa Tengah.

Polda Jateng bekerja tidak sendirian, melainkan bekerjasama dengan Asosisasi Provinsi (Asprov) Jateng serta masyarakat untuk menginformasikan ke tim satgas jika mengetahui ada praktik kecurangan dalam suatu pertandingan.

“Kita ingin pertandingan yang berkualitas, seperti halnya masyarakat. Jangan sampai ada mafia kecurangan disitu. Sepak Bola kita sudah bagus kok, makanya ini bentuk kepedulian kita terhadap Sepak Bola Indonesia”, terang Kombes Pol. Budi Hariyanto, Rabu, (19/02/20).

Kasatwil Satgas Antimafia Bola Jateng menjelaskan Tim Satgas Antimafia Bola akan fokus pada saat-saat sebelum pertandingan dimulai, momen yang berpotensi terjadi kongkalikong baik itu suap kepada pemain atau wasit hingga pengaturan skor yang melibatkan Manajemen Tim dan PSSI.

Direskrimum Polda Jateng berharap peran dan keterlibatan dari masyarakat dalam memberikan informasi dan aduan kepada Satgas Anti Mafia Bola wilayah Jawa Tengah.

Kombes Pol. Budi Hariyanto menuturkan bagi pelaku yang terbukti melakukan kecurangan dalam pertandingan sepak bola bakal dijerat Undang-Undang pidana pasal 1 tahun 1980 tentang penyuapan.

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password