Sejak Awal Tahun 2020 Polisi Berhasil Amankan 32,3 Kilogram Sabu Dari 50 Tersangka

 

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Sebanyak kurang lebih 30 kg narkotika jenis sabu dan 3 juta pil koplo berhasil diamankan Satuan Narkoba Polrestabes Surabaya dari 50 orang tersangka selama kurang lebih 1,5 bulan yang dimulai sejak awal tahun 2020. Hal ini menjadi prestasi yang dilakukan oleh jajaran Polrestabes Surabaya karena pengungkapan ini merupakan tangkapan yang terbesar.
Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si., dalam hal ini merilis hasil ungkap narkoba Polrestabes Surabaya, total sebanyak 32,3 kg sabu berhasil diamankan dan diketahui merupakan jaringan Malaysia dan Aceh.

“Setidaknya ada 3,7 juta butir pil koplo yang terdiri dari ekstasi, pil LL, carnophen, 30 kg sabu, dan 30 gram ganja. Kasus ini ada yang satu jaringan dan ada juga yang beda jaringan,” jelas Kapolda Jatim, Selasa (18/02/2020).
Jenderal bintang dua tersebut menjelaskan bahwa Jatim menjadi wiliayah distribusi utama jaringan Internasional Narkoba. Polda Jatim dan jajaran sejak penghujung 2019 gencar untuk mencegah jaringan narkoba masuk Jatim khususnya wilayah tertentu menjadi perhatian.

Kapolda Jatim menjelaskan dalam proses pengiriman barang para bandar narkoba ini menggunakan jalur darat, laut dan udara. Dari catatan yang ada tiga jalur pengiriman narkoba dari Malaysia, Aceh, Batam, dengan tujuan akhir Surabaya.

Usai masuk ‘Kota Pahlawan’, barang haram ini akan ditimbun di Pulau Madura tepatnya Kabupaten Pamekasan. Kemudian sebagian diantaranya disimpan di Kota Surabaya untuk diedarkan ke para jaringan pengedar narkoba Sokobana.

“Jadi ada tiga jalur penerbangan yakni Malaysia ke Surabaya, Malaysia ke Batam dan tujuan akhir Surabaya, serta Malaysia ke Aceh baru ke Kota Surabaya. Tujuan pelaku mengambil banyak jalur penerbangan adalah untuk mengecoh Kepolisian. Karena kalau satu jalur penerbangan akan mudah dibaca oleh kita,” jelas Kapolda Jatim.

Tak hanya merilis pelaku narkoba yang ditangkap oleh Satnarkoba Polrestabes Surabaya. Kepolisian juga menggelar kasus penangkapan narkoba di 23 Polsek jajaran Polrestabes Surabaya. Ada sekitar 70 pelaku yang diamankan petugas Polsek di jajaran yang dipimpin oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Sandi Nugroho.

(fn/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password