Tolong Warga Yang Terkena Serangan Jantung, Bripka Sigit Dapat Penghargaan Ombudsman

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Anggota Satlantas Polres Jakarta Barat, Bripka Sigit Prabowo, beberapa hari lalu viral di jagad media sosial karena menolong warga yang terkena serangan jantung. Bripka Sigit menggendong warga bernama David dari halte TransJakarta ke RS Harapan Kita.

 

Atas pelayanan prima itu, Bripka Sigit mendapatkan penghargaan dari Ombudsman. Bripka Sigit didaulat sebagai pelayan publik teladan.

 

“Kalau sederhana saja, mengangkat seseorang dari halte menuju rumah sakit yang jaraknya mungkin tidak terlalu jauh. Tapi ini bukan orang cedera kakinya atau sakit tidak berbahaya. Menyangkut jantung. Lambat sedikit tentu saja pasti tidak tertolong. Jadi itu hal yang luar biasa,” ungkap Ketua Ombudsman Amzulian Rifai dalam sambutannya di Gedung Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

 

Amzulian menekankan perlunya negara ini diurus oleh aparatur-aparatur yang bekerja dengan penuh dedikasi, untuk melayani masyarakat.

 

Di sisi lain, Amzulian menyebut, aksi Bripka Sigit secara tak langsung juga memperlihatkan betapa rumitnya keadaan lalu lintas di Indonesia. Ia lalu membandingkannya dengan negara lain yang bisa membangun sistem lalu lintas dengan baik.

 

“Hal lain merefleksikan betapa ruwetnya angkutan kita. Mungkin di negara-negara maju orang begitu mudah untuk mencapai tempat pertolongan pertama itu. Tidak hanya karena fasilitas jalan yang baik, tapi juga mudah untuk dilalui. Tapi bicara di negara kita, mungkin persoalannya lain,” ucapnya.

 

Penghargaan Ombudsman diterima langsung oleh Bripka Sigit.

 

“Rasa senang memang senang menerima penghargaan dari Ombudsman semoga kedepannya saya lebih baik lagi dalam bisa melindungi, mengayomi, melayani masyarakat,” ucap Sigit.

 

Sigit menuturkan, dirinya tak pernah berharap mendapat penghargaan. Ia menilai apa yang ia lakukan adalah bagian dari tugasnya, serta bagian dari kemanusiaannya.

 

“Saya tidak berharap menerima penghargaan karena memang tugas saya melindungi atau membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan, karenanya saya ikhlas melakukannya karena ini kemanusiaan,” ucapnya.

 

Acara pemberian penghargaan kali ini turut dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Audie S. Latuheru, serta Kasat Lantas Jakarta Barat Kompol Hari Admoko.

 

Py/bq/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password