Polda Riau Ungkap Sindikat Perdaganan Kulit dan Organ Harimau Sumatera.

Tribratanews.polri.go.idPekanbaru. Polda Riau berhasil membongkar sindikat perdagangan kulit dan organ harimau Sumatera di Jalan Arjuna Dusun IV RT/RW 002/091 Kelurahan Candi Rejo, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Minggu, (16/02/20).

Dari pengungkapan itu, Polisi menangkap tiga pelaku yang membawa dan menyimpan bagian tubuh dari Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrea) yang sudah mati.

Organ Harimau Sumatera tersebut antara lain satu lembar kulit, empat taring, dan satu karung berisi tulang-belulang Raja Hutan.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol. Sunarto menjelaskan Dari keterangan ketiga pelaku diketahui mereka hendak mengantarkan bagian tubuh harimau tersebut kepada seseorang di daerah Air Molek, Inhu.

“Ketiga pelaku merupakan kurir yang bertugas mengantar kulit dan tulang harimau dari Tebo Jambi oleh eksekutor AT (DPO) dengan upah Rp 2 juta. Selanjutnya kulit dan tulang harimau akan diserahkan kepada HN (DPO) di Air Molek, Kab. Indragiri Hulu,” terang Kombes Pol. Sunarto.

Kabid Humas Polda Riau mengatakan sampai saat ini aparat kepolisian terus mendalami kasus tersebut dan ketiga tersangka sudah diamankan oleh petugas kepolisian bersama barang bukti ke Mapolda Riau guna penyidikan lebih lanjut.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan Undang Undang No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password