Kapolda Kalsel Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Hasil Pengungkapan Jaringan Internasional

Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen. Pol. Drs. H. Yazid Fanani, M.Si., memimpin kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika dan obat-obatan terlarang hasil pengungkapan Dit Resnarkoba Polda Kalsel yang dilaksanakan di Mapolda Kalsel di Banjarmasin, Jumat (14/2/2020).

Adapun barang bukti yang berhasil disita oleh Dit Resnarkoba Polda Kalsel diantaranya 34.340,43 gram atau 34,34 kilogram, yang terdiri dari sabu seberat 27,98 kilogram, ekstasi sebanyak 9.267 butir dengan berat 3,52 kilogram, pil sabu sebanyak 19.900 butir dengan berat 2,1 kilogram, kapsul ekstasi sebanyak 600 butir dengan berat 0,2 kilogram, dan serbuk ekstasi seberat 0,5 kilogram.

Dalam penjelasannya, Kapolda Kalsel melalui Direktur Resnarkoba Polda Kalsel Kombes Pol Wisnu Widarto mengatakan bahwa pengungkapan kasus narkotika ini merupakan dari 6 Kasus yang diungkap oleh Ditresnarkoba Polda Kalsel dengan tersangka berjumlah 12 orang. Jadi total yang dimusnahkan setelah dikurangi untuk laboratorium forensik dan barang bukti di persidangan adalah 34,27 kilogram.

“Pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional ini merupakan yang terbesar sejak berdirinya Polda Kalsel. Jika diurut dari data Dit Resnarkoba Polda Kalsel, pengungkapan ini menduduki peringkat ketiga di Pulau Kalimantan. Sebelumnya di Kalimantan Barat seberat 100 kilogram yang diungkap BNN, kemudian di Kalimantan Timur seberat 38 kilogram, dan kita di nomor tiga selama ini,” tambah Direktur Resnarkoba Polda Kalsel.

“Semoga dengan pengungkapan kasus narkoba sebesar ini, diprediksi dapat menyelamatkan sebanyak 274.724 jiwa terhindar dari bahaya obat terlarang ini. Dengan asumsi, 1 gram sabu dikonsumsi sebanyak 8 orang, dan 1 butir ekstasi dikonsumsi oleh 1 orang. Untuk itu marilah kita semua agar dapat memerangi peredaran narkoba khususnya di Provinsi Kalsel, agar para generasi penerus bangsa tidak mudah terjerumus dari penyalahgunaan barang haram ini,” tegas Direktur Resnarkoba Polda Kalsel.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut diantaranya kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo, para Pejabat Utama Polda Kalsel, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel Arie Arifin, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsuddin Noor, Ka Kanwil Bea Cukai Kabagsel, Kepala Balai Besar POM Banjarmasin dan Sekretaris MUI Kalsel.

(sm/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password