Polda Kalbar Selidiki Kasus Ujaran Kebencian di Medsos

Tribratanews.polri.go.id. – Pontianak. Polda Kalbar saat ini sedang mendalami kasus penyebar ujaran kebencian yang diduga menyebar di media sosial, pada akun facebook berinisial DS yang kemudian viral di grup-grup WhatsApp dan sosial media lainnya.

Direskrimsus Polda Kalbar Kombes Pol. Mahyudi mengatakan bahwa penyebaran ujaran kebencian itu telah mendapat respons cepat oleh kelompok paguyuban suku dan etnis di Kalbar. Salah satunya dari Paguyuban Merah Putih yang langsung mendatangi Polda Kalbar untuk berkoordinasi dan melaporkan hal tersebut.

Sementara itu, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol. Imam Sugianto menerima langsung Paguyuban Merah Putih yang diketuai Zakius bertempat di Polda Kalbar.

“Saya berterima kasih kepada pengurus paguyuban yang ada di Kalbar yang telah merespons cepat kejadian dengan melaporkannya kepada kami,” tutur Brigjen Pol. Imam Sugianto.

Dalam pertemuannya, Wakapolda Kalbar menjelaskan kepada para pengurus paguyuban terkait penanganan penyebaran ujaran kebencian tersebut.

Jenderal bintang satu tersebut menjelaskan di institusi Polri sudah ada dibentuk Tim Siber dari Polda – Polda di tahun 2018.

” Ditreskrimsus Polda Kalbar ada Subdit Siber untuk penegakan hukum dan Humas dengan timnya yang melakukan patroli media sosial. Itu semua untuk memonitor situasi di dunia maya,” jelas lulusan Akpol tahun 1990

Brigjen Pol. Imam Sugianto mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan ujaran kebencian dan terpengaruh terhadap isu liar yang beredar di media sosial dan menyerahkan penanganannya kepada pihak kepolisian. Ia juga meminta kepada para tokoh etnis, juga menjadi perpanjangan informasi yang menyejukkan kepada masyarakat dan perkumpulannya.

“Kami jamin keamanan masyarakat Kalbar,” tutup Wakapolda Kalbar.

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password