Polda Kepri Minta Warga Natuna Terima Kedatangan 238 WNI dari Wuhan

Tribratanews.polri.go.id – Batam. Kepolisian Daerah Kepulauan Riau berharap warga Natuna menerima kedatangan WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China. Total ada 238 WNI yang dipulangkan ke Tanah Air dan akan menjalani Karantina di Natuna.

 

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, WNI yang dikarantina di Natuna dalam kondisi sehat. Karena, sebelum dievakuasi ke Batam, seluruh WNI telah diperiksa dan dinyatakan sehat. Jika tidak dalam keadaan sehat dipastikan tidak akan diperbolehkan keluar oleh Pemerintah China.

“Bagaimanapun mereka saudara kita, warga Indonesia juga, jadi sudah saatnya kita saling membantu dan memberikan dukungan. Kalau tidak sehat, pasti tidak diperbolehkan keluar oleh pemerintah China. Karena sehatlah, makanya diperbolehkan keluar dari China,”terang Kabid Humas Polda Kepri.

 

Saat ini penolakan warga Natuna hanya berupa penyampaian aspirasi saja. Natuna dalam kondusi kondusif. Untuk memastikan kondisi Natuna tetap kondusif Polda Kepri menerjunkan 117 personel Brimob.

 

Untuk diketahui, penjemputan dilakukan Pemerintah Indonesia usai virus corona mewabah di Kota Wuhan, China. Jumlah final yang boarding dari Bandara Wuhan, 238 ex Provinsi Hubei dan 5 tim aju KBRI. Jumlah tersebut ditambah lima orang tim aju yang sebelumnya sudah berada di lapangan untuk menjalankan protokol kesehatan.

 

Para WNI akan lebih dulu diisolasi di Natuna, Kepulauan Riau, untuk memastikan mereka sehat dan bebas dari virus corona. Natuna terpilih sebagai tempat isolasi karena jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu, Natuna juga dipilih karena merupakan pangkalan militer yang memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola tiga matra TNI. Natuna juga memiliki landasan pacu pesawat yang berdekatan dengan lokasi isolasi.

 

(fb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password