Polisi Ungkap Praktik Dokter Illegal di Tanjung Priok

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepolisian Daerah Metro Jaya, berhasil mengungkap praktik dokter ilegal asal China di Klinik Utama Cahaya Mentari, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

Dari pengungkapan tersebut, Kepolisian juga berhasil menangkap dua tersangka, yaitu Dokter yang berasal dari China berinisial LS dan pemilik klinik berinisial A. Dokter LS diketahui membuka praktek tersebut tanpa memiliki perizinan dari Kementrian Kesehatan RI. Tersangka juga memberikan obat-obatan yang belum memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Pengungkapan praktik dokter ilegal tersebut berawal dari informasi masyarakat pada Juli 2019 terkait dokter asing yang tak bisa berbahasa Indonesia. Setelah diselidiki, dokter asing tersebut adalah dokter L. Selama membuka praktik di klinik tersebut, dokter L selalu menggunakan jasa juru bahasa sebagai penerjemah.

 

Dari hasil penangkapan Kepolisian berhasil menyita sejumlah barang bukti, diantaranya, obat racikan untuk pengobatan penyakit sinus. Berdasarkan pemeriksaan para tersangka, klinik tersebut diketahui menawarkan pengobatan penyakit sinus tanpa operasi. Pasien hanya perlu menggunakan obat yang dimasukkan ke dalam hidung.

 

Atas perbuatan, kedua tersangka dikenakan Pasal 78 Juncto Pasal 73 Ayat 2 dan atau Pasal 75 Ayat 3 Juncto Pasal 32 Ayat 1 dan atau Pasal 76 Juncto Pasal 36 dan atau Pasal 77 Juncto Pasal 73 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Tersangka juga dikenakan Pasal 201 Juncto Pasal 197, 198, 108 Undang-Undang RI nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kedua tersangka terancam hukuman 15 tahun penjara.

 

(fb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password