Tim Siber Ditreskrimsus Polda Kaltim Amankan Terduga Pelaku Penyebar Hoaks Virus Corona

Tribratanews.polri.go.id – Balikpapan. Beredar di media sosial dan WhatsApp Group, terkait berita hoaks penyabaran virus Corona di Balikpapan, Tim Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Kaltim berhasil amankan terduga pelaku.

 

Informasi tersebut diposting di akun Facebook. Postingan tersebut langsung beredar luas. Selain di Facebook, hoaks ini juga ramai beredar di WhatsApp.  Warganet Balikpapan pun menjadi khawatir. Padahal, Dinas Kesahatan Kota (DKK) Balikpapan tidak pernah menginformasikan adanya pasien suspect virus Corona.

 

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Ade Yaya Suryana membenarkan hal tersebut.”Memang ada melakukan lidik terkait dengan hoaks yang beredar di media sosial Facebook. Di Krimsus kan ada Subdit Siber. Jadi dalam rangka melakukan investigasi khususnya penyidik melakukan upaya pemanggilan untuk klarifikasi terkait ramainya di medsos tersebut. Mengenai hasilnya kita tunggu,” jelas Kabid Humas Polda Kaltim, Kamis (30/1).

 

Kabid Humas Polda Kaltim menjelaskan, dalam upaya mencari fakta-fakta hukum, penyidik tidak serta merta langsung melakukan penetapan tersangka. Diperlukan pendalaman kasus dan unsur-unsur yang masuk dalam ranah tindak pidana siber.

 

“Namanya penyelidikan kita kepolisian melakukan upaya hukum tidak absolut. Tidak semua yang ada di kantor polisi bersalah. Tidak semua yang dipanggil jadi tersangka. Ya kita tunggu info lebih lanjut,” ungkap Kabid Humas Polda Kaltim.

 

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password