Polda Kalsel Selidiki Kasus Pencemaran Limbah Oli di Sungai Martapura

Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan berusaha untuk melakukan penyelidikan tentang kasus pencemaran limbah oli di Sungai Martapura.

Dalam penjelasannya, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai, S.I.K memastikan kasus yang patut digegerkan kepada masyarakat akan segera dituntaskan. Bahkan Polda Kalsel juga telah menerjunkan tim penyidik ​​untuk mengetahui penyebab pencemaran limbah di Sungai Martapura tersebut. Saat ini tinggal menunggu hasil uji laboratorium dari sampel yang diambil di Jalan Pierre Tendean.

“Kasus pencemaran limbah ini menjadi perhatian publik, mengingat kasus pencemaran limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) belum pernah terjadi di Banjarmasin, tentu penyidikannya tidak sembarangan. Jadi saya berharap semua pihak harap bersabar. Setelah kasus ini mencuat petugas sudah turun ke lokasi untuk memeriksa dan memintai keterangan dari pemilih, bahkan saksi dan terlapor PT Daya Bhakti sudah dimintai keterangan,” tambah Kabid Humas Polda Kalsel.

“Selain meminta tanggapan dari saksi, petugas juga sudah mengumpulkan barang-barang bukti berisi oli bekas yang berisi drum dan tumpahan di sekitar drainase. Kasus tersebut terbongkar setelah warga melapor ke Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin. Bahkan, limbah oli itu merembes ke kawasan wisata seperti Pasar Terapung di tepi Siring Pierre Tendean. B3 merupakan zat atau bahan yang dapat menyelamatkan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan lingkungan. Karena sifat-sifatnya yang melindungi, pengelolaan limbah memerlukan penanganan yang khusus. Jika sembarangan bisa diambil dengan hukum. Untuk pasal yang mewajibkan 109 dan 104 jo Pasal 102 Undang-Undang No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” tegas Kapolda Kalsel saat memberikan penjelasan di Mapolda Kalsel, Minggu(26/01/2020).

(sm/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password