Polda Metro Jaya Tangkap Pembuat Spanduk Ujaran Kebencian di Jakarta Timur

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Direskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku pembuat dan pemasang spanduk berisi ujaran kebencian rasial yang kemudian viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus menjelaskan tersangka pembuat spanduk ujaran kebencian bernama Andy M Saleh (58) yang ditangkap dikediamannya, di daerah Cililitan, Jakarta Timur.

“Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap si pembuat dan pemasang spanduk itu sendiri, kita tangkap di tempat kediaman,” jelas mantan Kabag Pensat Divisi Humas Polri, Kamis (23/01/20).

Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa spanduk ujaran kebencian rasial itu dipasang di tempat perbelanjaan di wilayah Cililitan, Jakarta Timur.

Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan bahwa tersangka Andy M Saleh ini yang mengonsep dan membuat spanduk serta selembaran dengan uang pribadinya.

“Spanduk dan selembaran yang bertulisan Gerakan Ormas Islam Betawi (GOIB) yang beredar itu dia yang mengonsep, membuat memesan serta menyuruh seseorang untuk memasang spanduk tersebut,” terang Perwira Menengah Polda Metro Jaya.

Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 156 KUHP dan pasal 55 KUHP, UU RI no 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis, Pasal 16 jo pasal 4 huruf b. Dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dengan denda Rp500 juta

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password