Mulai 1 Februari Tilang Elektronik di Jakarta Akan Berlaku Untuk Sepeda Motor

 

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ ETLE) yang selama ini berlaku untuk kendaaan roda empat, mulai 1 Febriari 2020 akan diberlakukan juga untuk kendaraan roda dua. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar.

Lokasinya tilang elektonik itu akan berlaku di dua jalur, yaitu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin serta di jalur koridor 6 Transjakarta atau ruas Ragunan hingga Dukuh Atas.

“Sepanjang jalan itu akan berlaku tilang elektronik untuk motor, dan juga mobil yang sebelumnya sudah diterapkan,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (21/01/20).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa nanti awal pekan pertama, polisi terlebih dahulu menyosialisasikan sistem tilang elektronik tersebut.

“Nanti pada awal Februari ini, kita sosialisasikan sekitar kurang lebih satu pekan, baru setelah itu penindakan,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu, memasuki tahun kedua, penerapan tilang elektronik di wilayah DKI Jakarta ini akan diperluas.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah memasang 12 CCTV untuk menangkap berbagai pelanggaran pengemudi mobil. CCTV tersebut dipasang di sejumlah titik termasuk kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Mulai 2020, jumlah kamera pengawas yang dipasang ditambah sebanyak 45 kamera sehingga total menjadi 57 kamera pengawas. Semakin banyak kamera yang dipasang akan bisa mendorong pengguna jalan agar lebih tertib dalam berkendara.

Kepolisian menyebutkan sejak penerapan 1 November 2018 hingga November 2019 sebanyak 54.074 pelanggar sudah ditindak. Melalui sistem ini denda tilang yang terkumpul dan diserahkan ke negara berjumlah Rp3,9 miliar. Polisi juga mengklaim jumlah pelanggar lalu lintas karena sistem ini turun 27 persen.

(fn/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password