Polisi Berhasil Ungkap Kasus Perdagangan Anak Bawah Umur di Kawasan Penjaringan

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus perdagangan anak di bawah umur di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin 13 Januari 2020. Sebanyak 10 anak yang dipaksa jadi pekerja seks di Cafe Khayangan di Jalan Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara diamankan polisi.

“Mereka menjual anak-anak di bawah umur untuk menemani para hidung belang di salah satu kafe di daerah Rawa Bebek, Penjaringan,” jelas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Selasa (21/1/20).

Polisi menyebut bahwa kafe human trafficking (perdagangan manusia) yang berada di Kelurahan Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara mendapatkan keuntungan sampai Rp 2 miliar dari keseluruhan usaha yang dijajahkan. “Jadi para tersangka itu menyuruh korban untuk melayani hubungan seksual pria – pria hidung belang dengan bayaran Rp 150 ribu,” jelas Kabidhumas.

Kombes Pol Yusri Yunus juga menyebut para korban yang melayani lelaki hidung belang itu tidak mendapatkan uang lebih dari 100 ribu rupiah. “Korban yang telah melayani lelaki hidung belang itu dimana pembagiannya si korban hanya mendapat Rp 60 ribu rupiah dan diambil perbulan,” jelasnya.

Kabidhumas menambahkan, telah mengamankan enam orang pelaku berinisial R alias mami Atun, mami Tuti alias A, D alias Febi, TW, dan A. Para pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan. “Kita berhasil mengamankan dan menangkap enam orang pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kita lakukan penahanan terhadap yang bersangkutan,” jelasnya.

Saat ini, keenam tersangka telah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Polisi juga akan mendalami kemungkinan jumlah korban yang masih bisa bertambah.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Juncto Pasal 296 KUHP dan Pasal 506 KUHP dengan ancaman pidana penjara diatas 10 tahun.

(bg/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password