Polda Jabar Terjunkan Tim Trauma Healing Untuk Korban Banjir

Tribratanews.polri.go.id-Bandung. Kepolisian Daerah Bali melaksanakan kegiatan dukungan kesehatan mental dan psikososial atau trauma healing bagi korban bencana banjir dan longsor di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (20/1/2020).

Dalam kegiatan tersebut diikuti 200 orang, terdiri atas 83 anak-anak dan 117 dewasa tersebut berlangsung di tenda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dan SDN 01 Desa Harkat Jaya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, kegiatan trauma healing dipimpin oleh Kompol Cristofel JWJ. “Dalam pelaksanaan kegiatan, personel melakukan tehnik wawancara lisan, tertulis, pemeriksaan psikologi dengan alat ukur klinis, intervensi psikologis dengan hipnoterapi dan observasi,” kata Kabid Humas Polda Jabar.

Polda Jabar melakukan menggunakan teknik supporting dan proses relaksasi untuk meminimalisasi kecemasan dan trauma yang dialami korban akibat bencana alam.
“Teknik supporting dan relaksasi dilaksanakan sebagai langkah awal guna mencegah efek trauma pada anak, perempuan, dan orang tua korban bencana alam,” ujar Kabid Humas.

Pada umumnya, korban bencana mengalami kecemasan dan kekhawatiran. Karena itu, personel Biro SDM Polda Jabar membentuk skema positif tentang alam sekitar dan kecintaan akan diri agar menjadi duta lingkungan di rumah masing-masing.

“Personel membangun pola pikir positif akan lingkungan, kesigapan diri, menurunkan kecemasan, belajar melangkah di wilayah yang akan ditinggali nanti,” pungkas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar.

(bb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password