Tahun 2019 Kinerja Polda Kalbar Dinilai Baik, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri Meningkat

Tribratanews.polri.go.id-Pontianak. Selama tahun 2019 kinerja Polda Kalimantan Barat dinilai baik oleh masyarakat. Dalam kegiatan analisa dan evaluasi kinerja Polda Kalbar selama tahun 2019 di Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar dipaparkan bahwa tingkat kejahatan di Kalbar turun sebanyak 982 kasus atau setara dengan 16,55% sepanjang tahun 2019, Selasa (14/01/20)

Kegiatan anev ini dipimpin langsung Kapolda Kalbar Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, dan turut hadir Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si., Irwasda Polda Kalbar, para pejabat utama Polda Kalbar, dan para Kapolres/ta jajaran Polda Kalbar.

Selama tahun 2019, kita telah melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah yang ditujukan untuk memelihara kamtibmas tetap kondusif, penegakan hukum yang transparan dan akuntabel, serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil anev yang disusun oleh Karoops, secara umum jumlah total kejahatan di tahun 2018 sebanyak 5.932 kasus, sedangkan di tahun 2019 sebanyak 4.950 kasus. artinya tingkat kejahatan di Kalbar turun sebanyak 982 kasus atau setara dengan 16,55% sepanjang tahun 2019.

Jumlah penyelesaian kasus di tahun 2018 sebanyak 4.759 kasus atau 80,22%, sedangkan tahun 2019 penyelesaian kasusnya sebanyak 4.360 kasus atau 88,08%. artinya kinerja penyelesaian kasus di tahun 2019 ini meningkat 7,86% jika dibanding dengan tahun 2018 .

Pada tahun 2018 pusat tim studi kepolisian Universitas Tanjungpura telah melaksanakan survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada kepolisian daerah (Polda) Kalbar dari hasil survei tersebut, Polda Kalbar mendapat penilaian kategori “baik” dari 4 aspek penilaiannya yaitu: Gakkum, Harkamtibmas, Yanlik, kepercayaan masyarakat dengan nilai indeks rata-rata 77,61 %.

“Kemudian di tahun 2019 ini, tim studi kepolisian Universitas Tanjungpura kembali melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepolisian daerah Kalbar yang hasilnya telah disampaikan beberapa waktu lalu oleh tim peneliti. dengan penilaian kategori baik dengan nilai indeks rata-rata 80,61%. terjadi peningkatan sebesar 3% jika dibandingkan dengan tahun 2018. Dengan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak tentunya ini adalah hasil dari kerja keras dan kerja-sama kita semua untuk selalu bahu membahu mewujudkan wilayah Kalbar yang semakin maju, kompetitif, dan unggul,” ungkap Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono.

Situasi kamtibmas sepanjang 2019 dalam keadaan aman dan kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol, hal ini juga ditandai dengan terselenggaranya berbagai agenda dan event skala internasional seperti international lion dance championship dan Pontianak International dragon boat, agenda STQ nasional ke-xxv, serta berbagai agenda kedaerahan maupun lokal lainnya yang berlangsung dengan aman, lancar, dan elegan.

“Oleh karena-nya anev kinerja tahunan ini merupakan wahana yang tepat untuk menyampaikan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019.
Disamping itu kegiatan ini juga dimaksud untuk memunculkan berbagai gagasan, pemikiran dan ide yang dapat diimplementasikan dalam kesiapan menghadapi tantangan tugas pada tahun 2020 dengan mendasari hasil evaluasi tahun lalu,” tutur Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda juga berharap agar peserta anev ini dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali informasi sebanyak mungkin guna mendukung, menambah wawasan serta memperluas cakrawala berpikir kita, sehingga dapat melakukan inovasi dan terobosan kreatif sesuai bidang tugas masing-masing. Begitu juga materi yang disampaikan oleh para pemapar kiranya peserta dapat mengambil manfaat, guna menjadi pedoman dalam menyelesaikan berbagai permasalahan teknis dan taktis, sehingga tidak ada keragu-raguan dalam menentukan langkah dan kebijakan yang akan diambil di lingkungan satker/ satwilnya.

Selain itu, Kapolda Kalbar juga menekankan agar menggunakan anggaran dari DIPA secara baik, transparan, dan akuntabel. Program yang bersifat pelayanan publik harus ditingkatkan dan dampak dari kegiatan kita harus dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas Jenderal Bintang Dua itu.

(ng/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password