Polda Jatim Akan Terapkan E-Tilang Bulan Agustus Mendatang

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur akan segera memberlakukan tilang elektronik (E-Tilang) dengan mengirimkan surat tilang kepada pelanggar sesuai dengan alamat rumah yang tertera di STNK pada 16 Januari 2020 mendatang.

 

Uji coba E-tilang telah dilaksanakan sejak 1 Januari 2020 , tidak hanya itu teguran simpatik juga berhasil diterapkan dan diberikan kepada para pelanggar . Pemberian tindakan E-tilang nantinya akan dilakukan secara bertahap.

 

Tahap pertama proses surat kalrifikasi akan dikirimkan ke rumah para pelanggar (alamat sesuai di STNK atau TNKB), terhitung 1 hari setelah terekam oleh CCTV yang berada di jalan raya.

 

Setelah surat klarifikasi sampai di alamat sesuai STNK, pihak Ditlantas Polda Jatim memberikan waktu 5 hari agar pelanggar melakukan mengisi formulir dan menyampaikan kembali surat tersebut kepada  Direktorat Lantas atau Polres di masing masing daerah.

 

Masih menurut perwira berpangkat 3 Melati dipundak ini, jika dalam batas waktu yang sudah ditentukan, pelanggar tidak segera melakukan pembayaran maka Direktorat Lantas akan melakukan pemblokiran STNK.

 

“Durasi pemblokiran status kendaraan bermotor dengan jangka waktu 5 hari, bisa diaktifkan lagi bila waktu yang diberikan tersebut di urus dengan membayar tilang, Semoga dengan program taat dan ramah lalu lintas E-tilang, pengendara kendaraan bermotor wilayah Jawa Timur khususnya, agar lebih mentaati rambu rambu lalu lintas untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain.” Punkas Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol. Budi Indra Darmawan.

 

(fb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password