Wakapolda Papua Buka Kegiatan Rakernis Fungsi Intelkam Tahun 2020

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki memimpin pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja dan Teknis (Rakernis) fungsi Intelkam tahun 2020 yang digelar di Aula Rastra Samara Mapolda Papua, Rabu (08/01/2020).

Turut hadir dalam kegiatan rakernis tersebut diantaranya para Pejabat Utama, para kasat, Kanit dan personel yang mengemban di fungsi Intelkam Polda Papua.

Dalam sambutannya, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki mengatakan bahwa Rapat kerja dan teknis Direktorat intelijen keamanan Polda Papua dan jajaran selain sebagai sarana sharing informasi terhadap berbagai masalah aktual yang berkembang dan mendapat perhatian pimpinan Polri, juga untuk merumuskan solusi tindak lanjut penanganan berbagai masalah yang berkaitan dengan persiapan pengamanan Pemilukada Bupati /Wakil Bupati serta pekan Olahraga Nasional PON ke-20 di Provinsi Papua. Untuk itu, dengan digelarnya kegiatan ini harapannya dapat menciptakan serta bina kerjasama yang harmonis dengan berbagai pihak terkait, melalui pendekatan yang egaliter dan demokratis demi terselenggaranya agenda demokrasi yang sesuai etika berpolitik yang benar serta menurut aturan yang berlaku.

“Dengan meningkatnya gangguan keamanan baik secara kualitas maupun kuantitas menuntut Polri lebih profesional proporsional dan prosedural dalam menanganinya meskipun sumber daya manusia sarana dan prasarananya yang dimiliki Polri masih terbatas. Dengan keterbatasan tersebut mendorong perlunya kerjasama yang sinergi dari semua pihak untuk ikut terlibat dalam mengatasi semua bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas. Pengalaman membuktikan bahwa peran serta masyarakat dan instansi terkait untuk membantu tugas kepolisian dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas cukup besar dan efektif. Oleh karena itu, sinergi antara Polri terkait dan masyarakat dapat lebih menjamin tercapainya penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas yang didukung semangat membangun komitmen yang tinggi dengan memberdayakan tugas fungsi dan peran masing-masing,” tambah Wakapolda Papua.

“Sehubungan dengan hal itu, Polri juga telah mencanangkan program revitalisasi Polri untuk mencapai pelayanan prima guna meningkatkan kepercayaan masyarakat, yang dirangkum dalam 3 (tiga) peta Jalan (road map), yaitu pertama Penguatan institusi dilakukan guna meningkatkan kinerja Polri melalui revitalisasi program prioritas yang sedang berjalan, kedua Terobosan kreatif, dilakukan melalui penerapan program kreatif untuk lebih meningkatkan kinerja Polri secara signifikan agar dapat segera terlihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan stakeholder lainnya, ketiga Peningkatan integritas dimaksudkan untuk peneguhan dedikasi dan loyalitas seluruh personil Polri dalam menjalankan tugas pokok fungsi dan perannya dengan baik disertai peningkatan pengawasan,” pungkas Wakapolda Papua.

“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan Polri yang Prima dengan pelayanan yang optimal, proaktif, transparan dan akuntabel tersebut, maka Polri tidak dapat bekerja sendiri melainkan memerlukan dukungan dari semua pihak dengan membangun dan meningkatkan kerjasama antara Polri dan pemerintah daerah instansi lain serta seluruh komponen masyarakat,” tutup Wakapolda Papua.

(sm/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password