Januari 2020, Electronic Traffic Law Enforcment (E-TLE) Diterapkan di Kota Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kemajuan teknologi turut memberikan kemudahan bagi setiap sektor kehidupan. Salah satunya adalah Electronic Traffic Law Enforcment (E-TLE) yang mulai diterapkan untuk meningkatkan kesadaran setiap pengendara untuk selalu menaati aturan lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan.

 

Seperti di Surabaya, mulai Januari 2020 mendatang, Kota ini akan mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) yang dibantu dengan memanfaatkan CCTV yang terpasang di beberapa sudut yang telah ditentukan.

 

Dalam hal ini, Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Budi Indra Dermawan, menyebutkan terkait dengan teknis kerja dari E-TLE tersebut. “Begitu pengendara melakukan pelanggaran, maka kamera CCTV akan mencapture Nopol kendaraan. Setelah itu, pihaknya akan mengirimkan surat konfirmasi kepada alamat pelanggar sesuai dengan alamat Nopol kendaraan. Pada surat konfirmasi tersebut, terdapat pelanggaran yang terjadi dan juga kode barcode yang bisa diakses melalui website www.etle.jatim.polri.go.id.” jelas Dirlantas Polda Jatim.

 

“Setelah surat konfirmasi diterima oleh pelanggar, maka mereka bisa konfirmasi itu dengan mendatangi Mall pelayanan Publik Siola atau Polres Pelabuhan Tanjung Perak (Pos Gakkum),” lanjut Dirlantas Polda Jatim.

 

Dirlantas Polda  Jatim juga menyampaikan bagi pengendara yang berasal dari luar Surabaya yang melakukan pelanggaran di Surabaya akan dikirmkan sesuai dengan wilayah asal Nomor Polisi kendaraannya. “Kalau pelanggar itu berasal dari luar daerah, misal Banyuwangi, mereka masuk ke Surabaya, nanti kita kirimnya ke (alamat nopol) Banyuwangi konfirmasinya ke Polres Banyuwangi. Jika pelanggar menerima, bisa melakukan pembayaran langsung dari sana. Namun, jika mereka tidak menerima, maka bisa mengikuti sidang di sini (Surabaya),” jelas Dirlantas Polda Jatim.

 

(rz/bq/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password