Ini Pesan Kapolda Jatim Gelar Anev Kamtibmas Akhir Tahun

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si menyampaikan, menjelang akhir tahun 2019 tingkat kerawanan yang paling menonjol di Jawa Timur yaitu tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Selain itu, jambret, serta pembobolan rumah.

“Walaupun adanya peningkatan kejadian tersebut, tetapi hasil ungkap selama dilakukan anggota diimbangi dengan pengungkapan cukup besar,” jelas Kapolda Jatim di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Senin (23/12/2019).

Hal tersebut, sambung Kapolda yang didampingi Wakapolda Brigjen Pol Djamaludin, bersama Kombes Pol Frans Barung Mangera, beserta Dirnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Sentosa Ginting Manik menuturkan bahwa, sebagai bukti Polri terus berupaya meningkatkan pelayanan, dan terutama pada korban kejahatan.

“Kita terhadap pelaku yang melakukan aksi tindak kejahatan dengan kekerasan tidak segan-segan memberikan tindakan tegas dan terukur,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah banyak yang mendapatkan tindakan tegas secara terukur, hampir 10 lebih pelaku perampokan atau pencurian disertai kekerasan (Curas) maupun tindak kejahatan jalanan.

“Untuk pelaku Narkoba ini sangat meningkat yang kita diberikan tindakan tegas juga,” jelas Jenderal Bintang Dua  itu.

Kendati demikian, Irjen Pol Luki menyebutkan untuk kejahatan cyber dalam data, cukup meningkat, bahkan sudah mulai nampak.

“Maka, kita antisipasi agar dilakukan penyuluhan ke tempat-tempat sekolah. Secara keseluruhan mulai tingkat sekolah dasar (SD), hingga orang dewasa. Oleh sebab itu, saat anggota sedang berpatroli dunia maya banyak rata-rata anak usia dini yang tidak mengetahuinya. Kita juga menggelar penyuluhan dengan memberikan informasi terhadap guru pengajar untuk ikut membantu peran serta memberikan pemahaman kepada murid-muridnya,” imbuhnya.

Kapolda menambahkan untuk pengamanan arus lalu lintas selama liburan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) pihaknya telah melibatkan seluruh anggota Polri, TNI, dan Dinas terkait Kabupaten/Kota se Jatim.

(my/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password