Polda Sumut Gelar Konferensi Pers Terkait Pengungkapan Kasus Narkoba Jaringan Internasional

Tribratanews.polri.go.id – Medan. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara memimpin langsung kegiatan Konferensi Pers atas keberhasilan Tim Direktorat Narkoba Polda Sumut dalam mengungkap kasus narkoba sebanyak 10 Kg jaringan Internasional yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Medan, Selasa(24/12/19).

Dalam penjelasannya, Kapolda Sumut mengatakan bahwa awalnya petugas mendapat informasi adanya seorang laki-laki memiliki sabu di Jalan Sei Besitang, Medan Petisah pada 18 Desember 2019. Dari informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan menangkap Iliyas Ishak Lubis. Dari tangan pelaku berhasil disita barang bukti sebanyak 5 kg sabu yang dibungkus dalam kemasan teh China merk Guanyinwang. Selanjutnya tim melakukan pengembangan dan menangkap Ibnu Fajar di Jalan Kapten Sumarsono pada Sabtu (21/12). Dari tangan pelaku berhasil disita 1 buah tas berisi 5 kg sabu yang dibungkus dalam kemasan teh China merk Guanyinyang.

“Saat dilakukan penyelidikan terhadap keduanya, pelaku mengaku memperoleh sabu dari temannya bernama Suhaimi yang berada di Lubuk Pakam, Deli Serdang. Petugas kembali melakukan pengembangan dan menangkap Suhaimi di Jalan Lintas Lubuk Pakam pada Minggu (22/12). Saat dilakukan penangkapan, ternyata pelaku Suhaimi mencoba melakukan perlawanan, sehingga petugas memberikan tindakan tegas yang akhirnya pelaku meninggal dunia saat perjalanan ke RS Bhayangkara Medan,” tegas Kapolda Sumut.

Akibat perbuatannya, kini para pelaku tersebut dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Subs. Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang ancaman hukumannya adalah pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 1.000.000.000 dan paling banyak Rp 10.000.000.000.

(sm/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password