Jelang Nataru, Polda Lampung Waspadai Terorisme dan Sweeping Ormas

Tribratanews.polri.go.id- Lampung. Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, Kepolisian Daerah Lampung akan mengatisipasi terorisme dan tindakan kejahatan yang melanggar hukum, Begal serta sweeping yang dilakukan ormas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

“Terorisme tetap kami antisipasi, kemudian kejahatan transnasional, pelaku begal serta sweeping,” kata Kapolda Lampung Irjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Kamis, 19 Desember 2019.

Kepala Kepolisian Daerah Lampung Irjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. menjelaskan Polda bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Lampung, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan TNI serta instansi lainnya dalam menggelar Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru. “Dalam Operasi Lilin melibatkan 4.321 orang, di antaranya 100 orang personel polri, 1.017 TNI, dan instansi terkait lainnya. Mereka disebar di 39 pos pengamanan dan 14 pos pelayanan,” jelas Kapolda Lampung.

Selain itu, Kapolda lampung menambahkan pos pengamanan ditempatkan di daerah rawan kecelakaan dan tindak kriminalitas. Sedangkan pos pelayanan ditempatkan di pusat pelayanan masyarakat, seperti mal, bandara, stasiun kereta api, Pelabuhan Bakauheni, dan tempat lainnya, seperti gereja.

“Kemudian kami juga menyiagakan sniper di beberapa titik untuk mengantisipasi pelaku begal, memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Jalur tol JTTS yang diperkirakan ada peningkatan pengguna 3—5 persen pada Nataru juga menjadi perhatian Polda. “Pasti banyak masyarakat yang ingin mencoba dan melewati jalan tol pada hari pertama perayaan Natal sehingga diperkirakan ada peningkatan penggunanya 3—5 persen. Kami antisipasi di rest area, pintu masuk Pelabuhan Bakaubeni, dan sejumlah pintu keluar sampai ke Pematang. Diimbau kepada pengguna tol agar mempersiapkan dana cukup. Jangan memaksakan diri bila mengantuk, berhenti dan istirahat di rest area, perhatikan kesiapan kendaraan, angin dan ban, tebal, dan tipis,” ujarnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda memastikan JTTS secara umum siap dan layak digunakan untuk liburan Nataru. “Jalan tol (JTTS red) layak pakai saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,” kata Dirlantas Kombes Chiko Ardwiarto.

Dirlantas Kombes Chiko Ardwiarto menjelaskan untuk keamanan di JTTS juga disiagakan pos di setiap rest area dan exit tol dengan patroli berkala. “Selain itu juga antisipasi tempat wisata dan lokasi keramaian saat malam tahun baru serta pengamanan pelaksanaan ibadah di gereja-gereja,”ujarnya.

(bb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password