Polda Sumbar Petakan Potensi Kerawanan Jelang Natal dan Tahun Baru

Tribratanews.polri.go.idBukit Tinggi. Polda Sumatera Barat menjelaskan sejumlah potensi kerawanan yang bisa terjadi jelang Natal 2019 dan tahun baru (nataru) 2020 di Sumatera Barat.

Wakapolda Sumbar Irjen Pol Irjen Pol. Drs. Damisnur Andi M., S.H., M.M., menerangkan bahwa potensi kerawanan akan terjadi seiring peningkatan kegiatan dan aktivitas masarakat jelang perayaan dua momen besar tersebut.

“Potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata, akan selalu seiring dengan peningkatan aktifitas masyarakat pada momen-momen seperti perayaan keagamaan dan tahun baru tersebut,” terang Irjen Pol Irjen Pol. Drs. Damisnur Andi M., S.H., M.M.,, Senin (16/12/19).

Wakapolda Sumbar mengatakan prediksi potensi kerawanan di Sumbar yang menjadi atensi polri dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 202O antara lain adalah aksi terror.

Jenderal bintang dua tersebut menuturkan aksi teror masih atau menjadi salah satu kerawanan yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja serta dapat menyerang siapa saja terutama di tempat ibadah dan pusat-pusat keramaian.

Selain itu, kerawanan yang berpotensi terjadi adalah gangguan kamtibmas. Gangguan kamtibmas ini bisa timbul dari akumulasi masalah kompleks yang berasal dari aspek kehidupan masyarakat antara lain aspek Ssosial, budaya, agama, dan lain sebagainya.

“Potensi kejahatan konvensional yang dapat bertambah seiring dengan meningkatnya aktifitas dan kegiatan masyarakat Sumatera Barat di hari libur nanti,” tegas lulusan Akabri 1986.

Selain itu, yang perlu dilakukan adalah kesiapan instansi terkait dalam menyonsong hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Sumatera Barat seperti stok BBM, pelayanan kesehatan, transportasi massa hingga ketersediaan bahan-bahan pokok bagi masyarakat.

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password