Polda Metro Jaya Ungkap Penipuan dengan Modus Rumah Syariah Senilai Rp.40 Miliar

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Subdit Direktorat Harta dan Benda Direskrimsus Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus penipuan bermodus perumahan syariah di Amanah City Islamic Superblock kawasan Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Total kerugian mencapai puluhan miliar, Senin (16/12/19).

Kita coba menghitung kerugian itu lebih kurang Rp40 miliar,” terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono

Dalam pengungkapan kasus tersebut Polda Metro Jaya berhasil menangkap empat tersangka, yakni MA, SW, CB dan S. Empat orang ini diketahui terlibat langsung merencanakan pembangunan perumahan fiktif untuk menjerat para korbannya.

Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono menuturkan modus sindikat ini adalah menawarkan perumahan dengan harga murah dan iming-iming perumahan syariah.

“Katanya rumah ini harganya murah, tidak riba, tidak pakai bunga bank, tidak perlu cek bank dan sebagainya. Jadi bernuansa syariah semuanya sehingga masyarakat menjadi tertarik,” terang Jenderal bintang dua.

Kapolda Metro Jaya menjelaskan bahwa perumahan tersebut akan dibangun di kawasan Tangerang Selatan dan Banten dan menjanjikan kepada para korban untuk pembangunan rumah bakal rampung Desember 2018.

“Kenyataannya mereka dijanjikan bulan Desember 2018, pembeli perumahan tidak diberikan kunci. Faktanya tidak diberikan hingga Maret 2019,” mantan Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri

Dari keempat tersangka, Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti. Mulai dari brosur penjualan, bukti pembayaran para korban, dan master plan pembangunan perumahan.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 137 juncto Pasal 154, Pasal 138 jo Pasal 45 jo Pasal 55, Pasal 139 jo Pasal 156, Pasal 145 jo Pasal 162 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 01 tahun 2011 tentang Perumahan dan atau Pasal 3,4 dan 5 UU RI Nomor 08 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Ancaman hukumannya di atas 20 tahun penjara.

(ym/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password