Polda Riau Gagalkan Penyeludupan 4 Ekor Anak Singa, 1 Leopard dan 58 Ekor Kura-Kura Indian

Tribratanews.polri.go.id-Pekanbaru.Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau berhasil menggaggalkan penyeludupan  satwa yang dilindungi yang terdiri dari 4 ekor anak singa dan 1 leopard yang berasal dari luar negeri.

Satwa-satwa langka tersebut diketahui diselundupkan dari Malaysia dan masuk ke Indonesia melalui perairan Dumai, Provinsi Riau. Pengungkapan sindikat penyelundupan satwa liar dilindungi itu dilakukan pada Sabtu (14/12).

Kapolda Riau, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan selain 4 ekor anak singa dan leopard, ada 58 ekor kura-kura jenis Indian. Semua barang bukti yang disita jenis satwa langka yang dilindungi badan dunia, Minggu (15/12).

Sementara untuk kedua tersangka yang berinisial Y dan S, merupakan warga Pekanbaru telah diamankan oleh Polisi.Dan akan terus mengembangkan jaringan lainnya termasuk pemesan satwa.

“Kedua tersangka ini kami amankan di Pekanbaru saat membawa barang bukti dari Dumai. Mereka mengaku akan membawanya ke Lampung,” jelas Kapolda.

Tersangka mengaku sudah dua kali melakukan penjualan satwa dilindungi. Pertama dilakukan pada Oktober 2019 lalu, yakni membawa ekor cheetah dari Malaysia menuju Provinsi Lampung.

“Ini satu jaringan. Di mana ada pemesan, apa penyedia dan pengantar dan seterusnya. Bersama BBKSDA dan stakeholder lain, Kami akan terus bekerja sama dan menuntaskan perdagangan satwa liar,” tegas Kapolda.

Atas perbuatannya, Kedua tersangka dijerat dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem dan Undang-undang No 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan. Ancaman 10 tahun penjara.

(ds/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password