Tingkatkan Pelayanan, Polres Tulungagung Luncurkan Aplikasi SIM Astuti dan SKCK Online

Tribratanews.polri.go.id – Tulungagung. Polres Tulungagung meluncurkan aplikasi SIM Astuti dan SKCK online, yang kedua aplikasi tersebut akan membantu masyarakat dalam mengurus adminitrasi dan pengambilan nomor antrean. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat tinggal memasukan data diri dan akan muncul barcode yang kemudian discan oleh petugas. Kedua aplikasi itu merupakan salah satu bentuk pelayanan dengan menggunakan teknologi 4.0

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan, selain membantu mengambil nomor antrean, aplikasi SIM Astuti juga tersedia kisi-kisi ujian tulis. Masyarakat bisa menggunakan kisi-kisi yang tersedia sebagai latihan sebelum memulai ujian tulis. Untuk ujian praktik mereka juga bisa datang dan mengikuti latihan uji praktek di kantor satpas setempat.

“Di aplikasi SIM Astuti ini ada praujian teori, berisi banyak bank soal terkait ujian teori, yang sebagian keluar pada saat ujian. Sehingga bagi yang sebelumnya pernah gagal ujian atau masih mau mengurus SIM silakan belajar di situ,” jelas Kapolres, Minggu (15/12/19).

AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan, aplikasi tersebut akan dikembangkan untuk berbagai kepentingan pengurusan SIM bagi masyarakat. Salah satunya melakukan interkoneksi antara aplikasi dengan ujian teori yang sesungguhnya. “Nanti misalkan ada kelompok masyarakat yang ingin mengurus SIM secara bersama, namun tidak sempat ke kantor SIM karena kesibukan, akan kami datangi dan bisa melakukan ujian teori di lokasi tersebut,” jelasnya.

Pada saat ujian sesungguhnya dilaksanakan, maka aplikasi Android tersebut akan dihubungkan dengan materi ujian teori yang asli. Selanjutnya hasil ujian akan keluar dalam bentuk kode batang atau barcode. “Setelah ujian teori dinyatakan lulus, maka permohonan SIM tinggal ke kantor Satpas SIM untuk melakukan ujian praktik, serta melengkapi berkas yang disyaratkan,” jelas Kapolres.

Sementara Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, aplikasi SIM Astuti tersebut untuk sementara masih sebatas sebagai sarana edukasi. Ke depan pihaknya akan mengembangkan lebih maksimal untuk mendukung pelayanan masyarakat dalam mengurus SIM. “Nantinya akan kami kembangkan seperti yang disampaikan Pak Kapolres tadi. Untuk menuju ke situ harus kami sesuaikan dengan aturan dan perundang-undangan yang ada,” jelasnya.

Selain dalam bentuk aplikasi Satlantas Polres Tulungagung juga memberikan beberapa layanan dan kemudahan bagi para pemohon SIM. Salah satunya fasilitas latihan ujian praktik yang dilaksanakan setiap sore hari. “Masyarakat yang gagal ujian praktik atau yang akan mengajukan permohonan SIM bisa belajar ujian praktik di Satpas SIM,” jelas Kasat Lantas Polres Tulungagung.

(bg/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password