Sebanyak 100 Unit Bodycam Siap Terpasang di Anggota PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Ini Spesifik Kegunaannya

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya akan dilengkapi 100 unit bodycam pada tahun 2020. Saat ini sudah terdapat 16 kamera yang akan digunakan oleh anggota PJR, yang nantinya akan menjadi 100 unit.

“Mulai Minggu depan bodycam ini kita distribusikan. Rencana hari Jumat kita latihkan, ada 16 kamera yang akan kita bagikan kepada 7 induk petugas PJR sementara. Yang kita sebar ada 16 ini digunakan petugas PJR, awal tahun 100,” jelas Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazrulrahman, Rabu (11/12).

 

Bodycam ini memiliki beberapa fungsi yakni, bisa merekam hingga 20 jam dan bisa melakukan live streaming dengan petugas yang ada di kantor TMC Polda Metro Jaya. Kemudian kapasitas bateranya juga dapat bertahan selama 8 jam non stop. Kemudian terdapat memori berkapasitas 32 GB yang diasumsikan diasumsikan bisa merekam nonstop 20 jam

 

Kamera ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi antara petugas di lapangan yang menggunakan bodycam dan petugas yang berada di kantor. Kamera ini juga dilengkapi tombol panic button dan GPS. “Dalam bodycam ini ada fitur panic button. Sehingga dalam posisi darurat petugas akan menekan tombol itu nanti dalam TMC akan terinfokan di mana dan koordinat mana dalam kondisi emergency karena ada GPS. Kalau dipencet panic button alarm kita bunyi,” jelas Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya.

 

Untuk jaringan bodycam sendiri, Kepolisian akan bekerja sama dengan penyedia jasa provider untuk menghadirkan jaringan yang kuat di kamera itu. Kamera itu juga dilengkapi inframerah untuk merekam pada malam hari. Selain itu, kamera tersebut tidak bisa dimatikan oleh petugas yang ada di lapangan. Sebab, kamera itu hanya bisa dinyalakan atau dimatikan oleh petugas di kantor TMC Polda Metro.

 

“Jadi petugas di lapangan nggak bisa serta-merta mengaktifkan dan mematikan dari jauh. Kalaupun dia matikan itu sebenarnya masih aktif posisinya,” jelas Kompol Arif Fazrulrahman.

 

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password