Komjen Pol. Firli Bahuri : Kejahatan Korupsi Selalu Berhubungan dengan Pelanggaran HAM

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Peringati Hari HAM Internasional, Komjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., mengatakan, hari HAM Internasional seharusnya tidak hanya diperingati secara seremonial semata, Selasa (10/12).

“Hari hak asasi manusia seyogyanya menjadi entry point bagi kita semua, untuk mengaktualisasi nilai-nilai Hak Asasi Manusia yang hakiki dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Ketua KPK Terpilih Periode tahun 2019-2023, Selasa (10/12).

Komjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., menjelaskan, penegakan HAM di Indonesia sudah memiliki legitimasi di beberapa pasal yang ada dalam Undang-undang Dasar 1945. Di antaranya pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1.

Ketua KPK Terpilih periode 2019 – 2023 juga menyinggung jeda perayaan hari HAM Internasional yang berdekatan dengan perayaan hari antikorupsi internasional pada 9 Desember lalu, Mantan Kapolda Sumsel itu menilai korupsi selalu berhubungan dengan pelanggaran HAM, karena definisi umum korupsi yaitu penyelewengan atau penyalahgunaan kewenangan atau keuangan negara untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok tertentu, sama saja dengan merampas hak seseorang didalam suatu negara.

Maka dari itu, demi melindungi dan menegakan HAM, harus dibarengi dengan penegakan hukum yang jelas. Selain itu, fasilitas penegak hukum yang memadai dapat berpengaruh dalam penegakan HAM.

“Tentunya harus ada penegakan hukum. Dalam proses penegakan hukum tentunya ada tujuan dan syarat. Pertama efektifnya hukum itu sendiri, kedua aparat penegak hukum, ketiga sarana dan fasilitas penegakan hukum dan yang keempat, adalah budaya hukum itu sendiri,” jelas Mantan Kapolda Sumsel tersebut.

“Saya pastikan penerapan hukum yang tepat adalah penegakan hukum yang bertujuan untuk mewujudkan kepastian hukum, menjamin keadilan dan mendatangkan kemanfaatan bagi masyarakat. Untuk itu, penegakan hukum harus lah berkeadilan dan sejatinya sejalan dengan HAM,” tegas Ketua KPK Terpilih.

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password