Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, Kakorlantas Polri Pastikan Kesiapan Pengamanan di Tol Cipali

Tribratanews.polri.go.id – Subang. Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., melakukan peninjauan langsung di sepanjang jalan tol trans Jawa, jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Peninjauan ini dilakukan di jalan tol Cipali, tepatnya di KM 102.

Kakorlantas mengatakan pihaknya sudah siap dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020. Karena, baik jalur tol dan arteri sudah terlihat siap untuk digunakan oleh para wisatawan. “Hari ini survei langsung dan kesiapan wilayah ya. Kita mendengar presentase dari Polda Jabar, Jasa Marga dan LMS. Jadi kelihatan bahwa kesiapan Dirlantas Polda Jabar dengan bagus baik jajaran Polresnya semua mempresentasekan. Kita lihat hari ini, baik di jalur arteri maupun jalur wisata kesiapan sudah bagus,” jelasnya.

Irjen Pol Drs. Istiono, M.H.,  juga mengatakan salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, pihaknya telah melakukan pemetaan kerawanan laka lantas di Tol Cipali. “Kami fokuskan pertama kerawanan kecelakaan lalu lintas di KM 86-130 (Tol Cipali),” jelasnya, Senin (9/12/19)

Menurutnya, tempat itu adalah titik jenuh para pengemudi saat melintas di Tol Cipali. Atas dasar itu, Kakorlantas mengimbau pengemudi untuk istirahat sejenak di rest area sebelum melanjutkan perjalanannya.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga mengimbau agar selalu mensosialisasikan kepada pengendara yang akan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek mengenai batas kecepatan maksimal. “Saya kira kecepatan 70km/jam itu sudah nyaman melintas disana, lebih dari itu saya tidak menyarankan. Karena saya merasakan sendiri melintas di sana,” jelas Kakorlantas.

Polri memprediksi puncak arus mudik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan terbagi menjadi dua sesi. Terutama, puncak arus mudik itu akan terjadi di Jalan Tol Trans Jawa. Puncak arus mudik diperkirakan Natal tanggal 20, 21, 22 Desember. Untuk perayaan Tahun Baru, arus mudik diperkirakan mulai dirasakan sejak 28 dan 29 Desember 2019.

Sedangkan arus balik liburan Natal akan terjadi pada 25 Desember. Sedangkan, kendaraan balik Tahun Baru terjadi pada 1 Januari 2020. Istiono menuturkan pihaknya bakal menyiapkan rambu-rambu yang berisi imbauan bagi para pengemudi untuk beristirahat. Imbauan tersebut, katanya, bakal diberikan di sekitar satu kilometer jelang rest area. “Nanti ada warning di mobil double kabin kita, ada running text dan pengeras suara kita ingatkan, ini lah jalan rawan bapak ibu perlu istirahat,” tutupnya.

(bg/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password