Polda Kalteng Gelar Sosialisasi Disaster Victim Identification

Tribratanews.polri.go.id-Palangka Raya. Wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Brigjen Pol. Drs. Rikhwanto, S.H., M.Hum., membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) yang dilaksanakan  di Graha Bhayangkara Mapolda, Kamis (05/12).

Dalam sambutannya Wakapolda Kaltenng mengatakan Salah satu tugas kepolisian sesuai dengan Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 pasal 14 huruf (h) disebutkan bahwa Polri juga berperan dalam menyelenggarakan identifikasi, kedokteran, laboratorium forensik dan psikologi untuk kepentingan tugas kepolisian dalam rangka melaksanakan tugas pokoknya sebagai Harkamtibmas, penegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan mepada masyarakat.

Selain itu dijelaskannya bahwa Polri khususnya petugas DVI berperan sangat penting dalam melakukan identifikasi ketika terjadi bencana di suatu wilayah.

“Terkait untuk kepentingan hukum masalah lain seperti asuransi, pensiunan, warisan juga memerlukan data valid dari jasad yang berhasil ditemukan,” terang Mantan Karo Penmas Divhumas Polri ini.

Maka personel Polri harus  mutlak bisa menguasai prosedur-prosedur DVI dan siap melaksanakan tugas dilapangan serta profesional.

“Dengan adanya  sosialisasi ini bertujuan untuk mendapatkan kesamaan persepsi dan keseragaman pola tindak dalam pelaksanaan tugas di lapangan, meningkatkan efektivitas, efisiensi, kecepatan dan kemudahan personel ketika menangani bencana yang dihadapi masyarakat,” tutup Wakapolda diakhir sambutannya.

 

(ds/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password