Polda Metro Jaya Targetkan Sebanyak 105 Kamera ETLE Terpasang Tahun 2020

 

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Sebanyak 45 kamera yang peruntukannya akan dipasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Hal tersebut merupakan target Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya pada penghujung tahun 2019 ini untuk upaya pengembangan terhadap Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

penambahan 45 ETLE ini akan melengkapi 12 kamera ETLE yang sudah dipasang di ruas jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Sedangkan pada 2020 mendatang, Ditlantas juga akan kembali menambah 48 kamera ETLE. Jadi total pada 2020 mendatang, ditargetkan akan ada 105 kamera ETLE yang dipasang di seluruh ruas jalan Jakarta. Dengan begitu, diharapkan angka pelanggaran lalu lintas bisa terus dikurangi jelas Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

“Tahun ini akan ditambah lagi 45 (kamera) ETLE yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang sudah dikoordinasikan antara Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta,” terang Kapolda Metro Jaya, Kamis (05/12/19).

Selain di ruas jalan raya, Ditlantas juga mengembangkan ETLE di jalur Transjakarta. Sampai hari ini sudah dioperasikan di 2 titik. Dan rencananya akan terus ditambah.

“Sebentar lagi (ditambah) 12 titik (kamera ETLE). ETLE juga dikembangkan di jalan-jalan tol, sekarang masih ada 2 titik,” jelas Jenderal bintang dua tersebut.

ETLE di jalur Transjakarta difungsikan untuk mencegah kendaraan bermotor baik roda 4 atau 2 masuk ke jalur busway. Berbeda dengan ETLE di jalan raya, ETLE di jalur Transjakarta akan menilang semua jenis kendaraan termasuk sepeda motor.

Pengembangan ETLE juga diterapkan di pintu tol. Ke depan, Ditlantas menargetkan semua pintu tol di wilayah Hukum Polda Metro Jaya bisa dilengkapi kamera ini. Dengan begitu, pelanggaran lalu lintas hingga aksi kejahatan bisa diminimalisir.

Pengembangan ETLE ini tak lepas atas hasil positif yang diraih sejak pertama kali ETLE diterapkan. Berdasarkan catatan Ditlantas, sejak pertama kali dioperasikan pada 1 November 2018, hingga November 2019 ETLE telah mencatat pelanggaran sebanyak 54.074 kali.

Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran denda tilang. Serta 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. ETLE juga tercatat mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password