Polisi Gelar Konferensi Pers Kelompok Bersenjata di Lhokseumawe

Tribratanews.polri.go.id Lhokseumawe. Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe berhasil mengungkap kasus kelompok bersenjata yang berakhir dengan kontak senjata hingga menewaskan seorang tersangka AB (30), di Gampong Punteut, Kec. Sawang, Kab. Aceh Utara, Rabu (4/12).

Saat Konferensi Pers, Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Indra T. Herlambang menjelaskan informasi bermula dari laporan warga, bahwa ada bendera hijau berlambang bintang bulan dan pedang yang berkibar di tiang bendera SDN 17 Sawang yang pada tiang bendera dipasang alat peledak sejenis bom.

“Menangani hal tersebut, Personel Polsek Sawang  menghubungi tim Penjinak Bom Polda Aceh Bataliyon B Jeulikat untuk memindahkan dan seterilisasi alat peledak itu,”jelas Kasat Reskrim.

Sebelumnya pelaku juga sudah berulah, yaitu pada hari Senin (25/11), pukul 21.00 WIB melakukan pembakaran fasilitas sekolah di SDN 17 Sawang dan pada tanggal (29/11), pelaku juga mengunggah sebuah postingan  yang bernada pengancaman terhadap TNI-Polri diakun Facebook Armada Aceh.

Menindaki dua kasus tersebut, hari Minggu (1/12) pukul 17.00 WIB tim gabungan menuju ke Gampong Punteut. Untuk melakukan pengintaian terhadap tersangka yang mana  sebelumnya sudah dilakukan penyelidikan.

“Setelah pelaku melintas dititik pengintaian, ternyata dia membawa senjata rakitan laras panjang lengkap rompi yang berisi kabel diduga bahan peledak,” ungkap AKP Indra.

Sekitar pukul 19.00 WIB, tim gabungan berusaha melakukan penyergapan terhadap pelaku. Kemudian pelaku yang merasa terdesak melakukan tembakan ke arah tim gabungan, sehingga terjadilah kontak senjata.

“Tim gabungan berhasil melumpuhkan pelaku. Namun AB yang sudah terluka berusaha melarikan diri. Saat akan jatuh, pelaku balik ke arah kanan dan merempet senjata kearah petugas, sebelum sempat dibalas tembakan oleh petugas, pelaku sudah tumbang dan dinyatakan tewas,” pungkas Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menambahkan saat petugas ke lokasi persembunyian AD di Desa Punteut, Kec. Sawang, Senin (2/12), ditemukan granat nanas dan bahan peledak lainnya  serta bom rakitan yang masih aktif.

Pihaknya  meminta tim penjinak bom dari Brimob Kompi B Jeulikat Lhokseumawe untuk mensterilkan lokasi persembunyian pria bersenjata tersebut. Dan untuk semua bahan peledak di bawa ke Kompi Brimob untuk dimusnahkan.

 

(ds/bq/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password