Jasa Marga Bekerjasama dengan Ditlantas Polda Metro, Terkait Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jalan Tol

 

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Sebesar 27 persen tingkat pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan non – tol selama satu tahun mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi berkat diberlakukannya Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Tentu saja hal ini dapat kita capai bersama dengan memperhatikan apa yang juga sudah disampaikan oleh Kepala BPJT tadi. Bahwa penerapan SOP terkait dengan ETLE, khususnya yang akan diterapkan di Kawasan Jalan Tol dan Trans Jakarta akan menjadi perhatian kami,” jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yusuf, S.I.K., M.Si., saat melakukan kerja sama terkait tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol, Rabu (04/12/19).

Kerja sama yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dan Dirlantas Polda Metro Jaya ini bertujuan meningkatkan penegakan hukum lalu lintas, khususnya di jalan tol.

Dirlantas Polda metro Jaya menilai bahwa pengembangan sistem ETLE perlu dilakukan guna mendukung program road safety atau safer road. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Untuk diketahui, fitur-fitur yang dibutuhkan untuk penindakan hukum secara ETLE dengan kamera Jasa Marga, akan diupayakan untuk difungsikan keseluruhan.

Termasuk rencana penerapan penindakan pelanggaran Over Dimension dan Over Load, dengan menggunakan sistem weigh in motion yang akan diujicobakan di Tol Cakung.

Hingga harapannya ke depan kamera Jasa Marga juga dapat berfungsi untuk melakukan penindakan pelanggaran overspeed, penggunaan ponsel saat berkendara, dan safety belt sebagaimana kamera check point ETLE saat ini.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password