Kasatgas Anti Mafia Bola : 6 Pelaku Match Fixing Liga 3 Ditangkap

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kasatgas Anti Mafia Bola Polri, Brigjen Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si., memimpin konferensi pers terkait keberhasilan jajarannya dalam mengungkap kasus match fixing atau pengaturan skor di Liga 3.

Satgas Anti Mafia Bola Polri melakukan penangkapan terhadap enam orang yang diduga melakukan pengaturan skor pada pertandingan Liga 3 antara Perses Sumedang VS Persikasi Bekasi. Mereka diduga mengatur dan memenangkan salah satu tim yang nantinya akan lolos ke Liga 2.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Ahmad Yani, Sumedang, Jawa Barat, pada Rabu (6/11/19). Dan dimenangkan oleh Persikasi dengan skor akhir 3-2 atas Perses.

“Sebanyak 6 orang telah kami tangkap dan ditahan berikut dengan barang bukti berupa transfer dana guna penyidikan lebih lanjut,” tegas Kasatgas Anti Mafia Bola Polri, Kamis (28/11/19).

Tersangka pertama berinisial DS yang merupakan wasit utama pertandingan tersebut. Sedangkan tiga tersangka lain berasal dari manajemen Persikasi Bekasi, yakni “BT”, “HR”, dan “SH”.

Selain itu, Satgas Anti Mafia Bola juga menangkap seorang perantara berinisial “MR” dan anggota bagian perwasitan asosiasi provinsi PSSI Jawa Barat berinisial “DS”.

Polri juga akan mengejar dua orang lain yang berstatus buron, yakni “KH” yang berperan sebagai perantara dan “HN”, anggota Exco PSSI Jawa Barat.

“Proses segera kita percepat untuk pemberkasan. Terhadap DPO kita lakukan pengejaran dan harapan kita tidak terjadi match fixing (pengaturan skor) untuk mewujudkan sepak bola Indonesia yang bersih, bermartabat, dan berprestasi,” terang Jenderal Bintang Satu tersebut.

Kasatgas Anti Mafia Bola Polri menjelaskan, dana yang mengalir dalam pengaturan skor ini sebesar Rp12 juta.

“Dalam kasus ini, menejemen tim (Persipasi) yang memiliki ambisi besar untuk memenangkan timnya agar lolos ke Liga 2. Barang bukti kita lihat didepan ada ATM, lalu ada buku bank juga,” ungkap Kasatgas Anti Mafia Bola Polri.

Keenam tersangka tersebut dikenakan Pasal 2 dan Pasal 3 UU No. 11 Tahun 1980 tentang tindak pidana suap dan atau Pasal 55 KUHP.

(rj/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password