Kapolda Papua : Sebanyak 307 Mahasiswa Eksodus Papua Bakal Dipulangkan Kembali ke Kota Studinya

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw menegaskan dalam waktu dekat, sebanyak 307 mahasiswa eksodus yang berada di kota Jayapura akan dipulangkan ke kota studinya masing–masing.

Hal ini dilakukan didukung karena didukung langsung oleh pemerintah termasuk bapak gubernur. Rencananya pemulangan mahasiswa eksodus ini dilakukan setelah kunjungan Menkopolhukam, Madfud MD ke Papua pada pekan depan. Dari 307 mahasiswa tersebut mereka ingin separuhnya cepat dipulangkan agar mereka tahu bahwa pemerintah serius untuk membuat Provinsi Papua dan Papua Barat kembali aman dan damai,” tambah Kapolda Papua.

“Tujuan pemulangan para mahasiswa itu adalah atas inisiasi saya sendiri selaku Kapolda Papua dan Pangdam Kodam XVII Cenderawasih demi kepentingan keamanan di wilayah Papua. Dari hasil pengakuan adik-adik mahasiswa, mereka juga ingin kembali ke kota studinya masing–masing, baik itu di Sumatera, Kalimantan, Jawa, bahkan Sulawesi dalam waktu dekat,” tutup Kapolda Papua saat memberikan penjelasan di Mapolda Papua, Senin(25/11/19).

Untuk diketahui, sebanyak dua ribuan mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di sejumlah kota studi di Indonesia, memilih kembali ke Papua pasca insiden ujaran rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang pertengahan Agustus lalu. Mereka beralasan kembali ke Papua karena merasa tidak nyaman dan mendapat perlakuan diskriminatif di tempat studi mereka. Insiden ini juga telah memicu terjadinya aksi unjuk rasa berujung rusuh di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat.

(sm/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password