Tingkat Kerawanan Kriminalitas, Polda Jatim Akan Resmikan Polresta Baru

Tribratanews.polri.go.id- Surabaya. Polda Jawa Timur akan resmikan dua Polresta baru yaitu Polresta Banyuwangi dan Malang Kota saat prosesi upacara peningkatan tipe pada pekan depan.

“Peresmian Polresta yang Banyuwangi Senin, 25 November sekaligus sertijab (serah terima jabatan) Kapolresta. Untuk Malang Kota pada Kamis, 28 November. Keduanya dilakukan di masing-masing Mapolresta,” ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo di Surabaya, Kamis (21/11/2019).

Karo SDM Kombes Polr Nazirwan Adji Wibowo mengatakan perubahan tipe Polresta itu sesuai kajian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
Setelah perubahan Tipe tersebut, jabatan Kapolresta naik menjadi Komisaris Besar (kombes). Sedangkan jajaran pejabat utama (PJU) di Polresta setempat juga akan menyesuaikan dengan kenaikan tipe tersebut.

“Untuk jabatan Kasat juga naik dari AKP menjadi Kompol TR (telegram rahasia) sudah saya buat dan akan disesuaikan sertijabnya setelah Kapolresta dilantik Kapolda minggu depan,” jelas Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo.

Selain itu dalam perubahan tipe setelah pihaknya mempertimbangkan banyak aspek. Di antaranya jumlah penduduk, tingkat kerawanan kriminalitas dan luas wilayah.

“Kalau Malang Kota memang padat penduduk dan termasuk kota besar. Kalau Banyuwangi juga masuk perbatasan juga dengan Bali,” tutur Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Jawa Timur.

(bb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password