TNI-Polri Masih Buru 10 Teroris Jaringan MIT di Sulteng

Tribratanews.polri.go.id – Palu. Satuan Tugas Operasi Tinombala IV 2019 gabungan TNI-Polri di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, hingga saat ini masih terus memburu sisa kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

“Sampai saat ini kita masih terus berupaya untuk mengejar sisa anggota kelompok MIT tersebut,” jelas Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, melalui Kasubbid Penmas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, Kamis (21/11).

Operasi yang kembali digelar pada 4 Oktober hingga 31 Desember 2019 itu, masih difokuskan pada pengejaran kelompok MIT pimpinan Ali Kalora yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Mereka diduga masih bersembunyi di hutan Poso, Parigi, dan Sigi.

“Saat ini kami masih tetap fokus melakukan upaya pengejaran terhadap para DPO kelompok MIT, namun kami imbangi dengan upaya deradikalisasi oleh personel Polri khususnya dari personel Bimbingan Masyarakat (Binmas), Intel, dan dari instansi terkait untuk melakukan upaya deradikalisasi,” jelas Kompol Sugeng Lestari.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam pengejaran tersebut kekuatan personel yang diterjunkan sampai saat ini sebanyak 628 personel. Mereka terbagi dari beberapa satuan di antaranya BKO Brimob Mabes Polri, Polda Sulteng, dan TNI di lingkup Korem 132/Tadulako.

Saat ini para DPO kelompok MIT Poso tersebut berjumlah 10 orang, satu orang di antaranya baru bergabung dengan kelompok tersebut pasca bencana gempa bumi 28 September 2018 yang melanda Palu, Sigi, dan Donggala.

Ia juga menerangkan bahwa sampai saat ini belum diketahui secara pasti apakah para DPO kelompok MIT itu memiliki keterkaitan dengan jaringan kelompok JAD (Jamaah Ansharut Daulah).

“Kami saat ini masih fokus pada MIT, ada hubungannya atau tidak nanti setelah ada beberapa DPO kalau misalnya tertangkap baru kita bisa lakukan penyelidikan apakah ada hubungannya atau tidak dengan jaringan JAD, sementara ini yang ada di Sulteng itu jaringan MIT,” pungkas Kasubbid Penmas Polda Sulteng itu.

(my/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password