Kapolri: Dilantik Menjadi Ketua KPK, Irjen Firli Tidak Perlu Mundur Dari Polri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., menegaskan bahwa Kabaharkam, Irjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., tidak harus mengundurkan diri dari Polri saat dirinya dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kapolri juga mengatakan bahwa Irjen Pol. Firli hanya perlu mundur dari jabatannya sebagai Kabaharkam yang baru saja ia terima pada Selasa (19/11/2019) lalu. Penegasan itu disampaikan oleh Kapolri dalam rapat kerja saat menjawab pertanyaan Ketua Komisi III Herman Hery ihwal apakah Irjen Pol. Firly akan merangkap jabatan atau tidak.

“Saya ingin menyampaikan masalah pertanyaan bapak ketua, masalah Kabaharkam, anggota Polri yang diangkat sebagai pimpinan KPK dalam hal ini Kabaharkam itu tidak harus mengundurkan diri sebagai anggota Polri. Tapi harus diberhentikan dari jabatannya karena ini sesuai dengan ketentuan Pasal 29 Undang-Undang nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK,” tegas Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

“Tidak harus mengundurkan diri sebagai anggota Polri, melainkan harus melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya itu seperti itu,” jelas Jenderal Bintang Empat itu.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password