Kasus Bom Bunuh Diri di Medan, Kapolda Sebut Para Tersangka Bom Berbaiat ke ISIS

Tribratanews.polri.go.id-Medan. Polda Sumut hingga saat ini telah menetapkan 26 orang sebagai tersangka kasus bom bunuh diri di Markas Komando Polres Kota Besar Medan.

Dalam hal ini di sampaikan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, para tersangka bom bunuh ini berbaiat kepada ISIS. Menurutnya, mereka ingin menunjukkan eksistensinya setelah kematian pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi yang diganti pimpinan baru.
“Mereka ini berbaiat kepada ISIS, baik Abu Bakar maupun penggantinya. Pascaminggalnya Abu Bakar ini mereka juga ingin menunjukkan eksistensi mereka,” Jenderal Bintang Dua.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua menjelaskan kelompok tersangka ini bergerak melalui media sosial dan kelompok-kelompok pengajian ekslusif. Agus mengatakan, kepolisian sudah terlebih dahulu melakukan monitor terkait kegiatan yang dilakukan kelompok tersebut.

“Selagi mereka tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dan belum melakukan aksi kan kita tidak bisa melakukan apa-apa. Setelah mereka melakukan aksi, kita lakukan pendalaman, ternyata kelompok jaringan ini seperti itu,” jelas Kapolda Sumut.

Diketahui, ledakan terjadi di Makopolrestabes Medan di Jalan HM Said Medan, Rabu pagi sekitar pukul 08.45 WIB.Ledakan yang diduga bom bunuh diri itu dilakukan seseorang berinisial RMN (24). Pelaku meledakkan diri di sekitar kantin Polrestabes Medan. Akibatnya, enam orang terluka.

(bb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password