23 Terduga Teroris Ditangkap, Kapolda Sumut : Tempat Latihan Mereka di Tanah Karo

Tribratanews.polri.go.id – Medan. Hingga saat ini, Polri telah menangkap sebanyak 23 terduga teroris pascaledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11/19) lalu.

“Jadi totalnya sudah 23 orang tersangka yang diamankan tim gabungan Densus 88 Mabes Polri dan Polda Sumut,” terang Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., Senin (18/11/19).

Kapolda menyebutkan Densus 88 Antiteror bersama Polda Sumut mengamankan tiga terduga teroris di Kota Medan dan dua terduga teroris menyerahkan diri ke Polsek Hamparan Perak, Deliserdang, Minggu (17/11/19).

“Jadi kemarin kan ada 18, tapi tadi malam ada menyerahkan diri dua orang. Mereka didampingi Kepling ke Polsek Hamparan Perak. Sedangkan tiga lainnya diamankan di Medan. Jadi totalnya hingga kini ada 23 tersangka,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kemudian Kapolda juga menerangkan, aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan sudah direncanakan dengan matang, karena jaringan kelompok ini sempat melakukan pelatihan sebelum menjalankan aksi.

“Sebelumnya mereka (terduga teroris) sempat menjalani pelatihan. Mereka berlatih di suatu tempat daerah Tanah Karo. Jadi artinya mereka memang benar-benar berlatih,” ungkap Kapolda.

Menurut Kapolda, jaringan kelompok ini menyebarkan paham radikal dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Selain itu, Densus 88 dan Polda Sumut juga mengamankan barang bukti, di antaranya yakni senjata api rakitan, senapan angina, anak panah, senjata tajam hingga rangkaian bom yang ditemukan di Sicanang.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password