Polisi Berhasil Amankan Residivis Sindikat Pencurian Kendaraan Bermotor di Sidoarjo

Tribratanews.polri.go.id. – Sidoarjo. Polisi berhasil ringkus sindikat pencurian kendaraan bermotor, asal Grati, Pasuruan, Jawa Timur karena sudah meresahkan masyarakat.

Kapolres Sidoarjo Kota, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menuturkan, empat orang pelaku berhasil ditangkap dalam kasus ini. “Ke empat orang tersangka yang berhasil ditangkap itu berinisial MK, KR, MT dan juga BP warga Grati, Pasuruan. Keempatnya dilumpuhkan oleh petugas pada saat akan dilakukan proses penangkapan,” jelas Kapolres, Sabtu (16/11).

Para pelaku itu merupakan residivis yang sudah kenyang keluar masuk penjara pada kasus serupa. “Mereka itu cukup pintar saat melakukan aksinya. Dengan mengendarai mobil, mereka berkeliling komplek perumahan di Sidoarjo untuk mencari sasaran. Begitu dapat, pelaku kemudian membuka paksa gembok dan juga tidak segan-segan menggunakan senjata bondet (bom ikan) untuk melukai korbannya,” jelas Kapolres.

Polisi berhasil menyita beberapa barang bukti seperti bondet, mobil rental, peluru senjata rakitan, dan juga beberapa kunci T yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Polisi juga berhasil (tangkap-red) dua tersangka, dalam jaringan yang lainnya masing masing RZ dan juga HR warga Sidoarjo.

Jadi, Kepolisian berhasil menangkap enam orang pelaku pencurian kendaraan bermotor yang biasa beroperasi di wilayah hukum Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

“Untuk kelompok yang kedua itu, petugas berhasil menyita dua unit sepeda motor yang digunakan oleh pelaku untuk mempermudah aksi mereka,” ungkap Kapolres.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 UU No. 12 tahun 1951 tentang dengan sengaja membawa bahan peledak dan atau Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun.

“Kemudian dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun,” imbuh Kapolres.

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password