Jelang Pilkada Serentak, Polri Akan Lakukan Petakan Wilayah Rawan Konflik

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Menjelang Pilkada Serentak 2020, Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., mengatakan kepolisian harus memetakan 270 wilayah yang dinilai rawan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Ada 270 Pilkada dan kami sedang memetakan secara khusus menghadapi Pilkada 2020 terkait daerah mana saja yang berpotensi terjadinya konflik terutama terkait isu primordial, suku, agama, ras dan antar golongan,” kata Jenderal Bintang Dua tersebut saat ditemui di Hotel Grand Syahid, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Pemetaan bertujuan untuk menentukan jenis penanganan yang akan diambil mengingat setiap wilayah memiliki potensi ancaman yang berbeda.

Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. memperkirakan pada Januari 2020 Satgas Nusantara sudah bisa memetakan daerah mana saja yang dinilai rawan konflik.

“Apakah itu rawan di dalam hal agama, suku atau politik identitas lainnya dan ini yang akan kita tangani nanti,” tutur Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

selain itu, tokoh masyarakat akan dilibatkan untuk menghindarkan masyarakat dari konflik dan suhu politik tidak memanas.

“Kita akan membawa tokoh agama dan akademisi untuk memberikan pencerahan guna meminimalisir potensi yang dapat menimbulkan kerawanan itu,” ujarnya.

“Masyarakat juga bisa meregangkan diri dari pikiran-pikiran politik sehingga suhu politik tidak semakin memanas,” tutup Mantan Wakapolda Sulsel.

(bb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password