Kasatgas Nusantara Polri : Dominasi Low Class Memicu Lahirnya Intoleransi di Indonesia

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Kapolda Metro Jaya yang sekaligus menjadi Kasatgas Nusantara Polri, Irjen Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., menjelaskan bahwa, dominasi masyarakat low class dalam demokrasi menjadi penyebab lahirnya intoleransi di Indonesia.

Kasatgas Nusantara Polri mengatakan, masyarakat low class cenderung menginginkan suatu perubahan yang cepat (revolusi) dalam menjalankan demokrasi. Pencapaian perubahan tersebut bahkan akan dilakukan dengan segala upaya, karena golongan low class ketika berpikir kritis cenderung tidak rasional.

“Demokrasi dalam masyarakat yang didominasi oleh low class itu dianggap bebas-sebebasnya, dari sini muncul nilai-nilai primordial. Di sinilah akan muncul tindakan-tindakan intoleransi terhadap sesama (di Indonesia),” jelas Kapolda Metro Jaya dalam Seminar Nasional Peringatan Hari Toleransi Internasional, Jumat (15/11/2019).

“Kondisi negara kita itu didominasi low class, mungkin masyarakat yang kurang beruntung dalam mendapat pendidikan, dalam ekonomi. Oleh mereka, perbedaan yang seharusnya dianggap sebagai kekayaan, justru dipandang lain. Mereka mencari perbedaan itu, terus-menerus untuk sebuah kepentingan, nah ini berbahaya” imbuh Kasatgas Nusantara.

Kasatgas Nusantara menambahkan, kalau keberagaman tidak segera dikelola dengan baik, hal tersebut dapat membawa bangsa Indonesia ke dalam kehancuran.

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password