Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Segera Atasi Peristiwa Sekecil Apapun

Tribratanews.polri.go.id-Bogor. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meminta Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) mengantisipasi segala persoalan di daerah supaya tidak menghambat perekonomian daerah, Selasa (13/11/19).

Pasalnya, kondisi ekonomi dunia diakuinya mengarah pada tren perlambatan bahkan resesi sehingga antisipasi persoalan sekecil apapun harus menjadi fokus pemerintah.

Namun, Jokowi mengklaim perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh di atas 5% di tengah tren perlambatan ekonomi global.

“Saya titip ini terutama untuk jajaran TNI dan Polri, melihat sekecil apapun peristiwa jangan menggampangkan karena kita [dunia] penuh discontent ketidakpuasan. Hati-hati,” tegas Ir. Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019 di Sentul, Rabu (13/11/19).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan peristiwa demonstrasi yang terus-menerus di Hong Kong menyebabkan negara tersebut terancam masuk dalam tren resesi ekonomi.
Demo di Hong Kong berawal dari penolakan masyarakat atas Rancangan Undang-undang Ekstradisi ke China.

Hal yang sama juga dicontohkan Jokowi atas demonstrasi besar-besaran di Chile akibat kenaikan transportasi publik sebesar 4%.

Demonstrasi tersebut bahkan menyebabkan penyelenggaraan APEC 2019 yang sedianya digelar di Chile menjadi batal.

“Bolivia karena sengketa pemilu yang tidak ditangani preventif dengan baik akhirnya Evo Morales mundur dan contoh-contoh discontent di negara lain mulai muncul. Hati-hati menangani hal-hal yang kecil, yang kalau kita tidak sensitif bisa melebar ke mana-mana,” jelas Presiden RI ke-7 itu.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password