Kapolda Papua Ungkap Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di PT Freeport Indonesia

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen. Pol. Paulus Waterpauw menghadiri acara diskusi yang bertajuk ‘Merajut Papua Dalam Bingkai NKRI’ di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dalam hal ini Kapolda Papua menjelaskan ada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada disekitar perusahaan tambang eksplorasi bijih PT Freeport Indonesia.

“Oh itu ada, KKB sebutannya kelompok kriminal bersenjata. Jadi mereka berkelompok tapi sering melakukan perbuatan kriminal dan mereka bersenjata,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan adanya ancaman menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

“Ada (ancaman), mereka ingin merayakan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Papua Barat atau West Papua yang sudah mereka peringati sejak 1962 itu versi mereka,” kata Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

Meskipun ada ancaman, Kapolda Papua memastikan, aparat kepolisiantelah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan.
Caranya dengan membangun kedekatan lewat komunikasi intensif dengan tokoh-tokoh Papua.

“Upaya yang kita lakukan juga yang kita sudah menyiapkan berbagai cara-cara bertindak untuk mengantisipasi itu semua. Sembari kita pendekatan membangun komunikasi kemudian juga melakukan cipta kondisi,”tutup Mantan Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

(bb/hy/bs)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password