Polda Jambi Gagalkan Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Rp. 7,7 Miliar

Tribratanews.polri.go.idJambi. irektorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek sebuah rumah yang dijadikan tempat penyimpanan atau penyelundupan Benih Lobster di kawasan Jalan Hasanuddin Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Baby Lobster diamankan itu terbagi dua jenis yaitu jenis pasir 51.000 ekor, jenis mutiara 673 ekor senilai 7.7 Milyar Rupiah.

“Benih lobster Ini dikemas di 200 kantong plastik dan ditaruh di dalam 6 kotak Styrofoam” terang Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Thein Tabero di Mapolda Jambi, Senin (11/11/19).

Selain mengamankan ribuan benih lobster, Polisi juga berhasil mengamankan 6 orang diduga pelaku, diantaranya yakni MT yang bertugas sebagai sopir, ML, RS, MG, MK yang bertugas mengemas dan AF sebagai pemilik tempat.

Pengungkapan ini berawal dari hasil intelejen tim Ditrekrimsus Polda Jambi. Setelah proses penyelidikan polisi mengamankan sebuah mobil pickup yang dikendarai Mutakim yang mengangkut 6 kotak Styrofoam. Setelah diperiksa, pelaku mengaku menuju rumah milik Andi Fahrizal.

Selain barang bukti lobster, Polisi juga mengamankan 2 Unit Mobil, 1 tabung oksigen Besar, 1 tabung oksigen Kecil, 3 mesin oksigen, dan sejumlah barang bukti lainnya dari rumah ini.

“Jadi dirumah tersebut para pelaku mengganti oksigen untuk lobster,” jelas Kombes Pol Thein Tabero.

Perwira menengah Polda Jambi mengatakan Lobster ini berasal dari Provinsi Lampung dan akan disebrangkan ke Singapura.

“Asal benih Lobster dari Lampung dibawa ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan disebrangkan ke negara Singapura melalui perairan Provinsi Jambi,’’ jelas Direskrimsus Polda Jambi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku terjerat Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan dengan ancaman 8 tahun kurungan penjara.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password