Polri Utamakan Dialog dengan Tokoh Papua Menjelang HUT OPM

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Polri menjelaskan akan mengembangkan dialog dengan tokoh agama, tokoh setempat menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 nanti.

“Tidak ada pengamanan khusus,” jelas Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada Senin(11/11/19).

Sependapat dengan Kadiv Humas Polri, Kapolda Papua, Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw, pun memastikan tetap akan mendahulukan langkah antisipasi atau pre-emtif.

“Kekuatan pasukan tetap kami siapkan. Tapi utamakan langkah antisipasi dengan membangun komunikasi dengan semua pihak,” jelas Kapolda Papua, Senin (11/11/19).

Kapolda Papua menjelaskan ada dua kelompok yang diantisipasi Polri menjelang HUT OPM ini yaitu kelompok separatis politik dan kelompok bersenjata. Ia mengatakan, penanganan terhadap dua kelompok ini pun berbeda.

Kepada kelompok separatis politik, Kapolda akan memilih menggunakan pendekatan secara dialog.

“Ya dialog saja, apa mau mereka. Selain itu, kami juga lawan berita-berita bohong atau hoaks yang mereka sebarkan,” jelasnya.

Sedangkan terhadap kelompok bersenjata OPM, Jenderal Bintang Dua itu memantau dan menempatkan sejumlah anggotanya di sejumlah titik yang telah dipetakan.

“Misalnya mereka sekarang mengarah dari beberapa wilayah, apakah ke Freeport, atau mana, jelas Kapolda Papua.

(my/hy/bs)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password