Polri: Tidak Ada Pengamanan Khusus Jelang HUT OPM

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember 2019, Polri menyebut tidak mengadakan pengamanan khusus di Papua. Meski demikian, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. memastikan ada dialog dengan masyarakat terkait upaya pengamanan, Senin (11/11/19).

“Yang jelas, kita akan melakukan upaya kepolisian terbatas. Terbatas itu kita akan mengajak tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menciptakan kondisi yang kondusif,” ungkap Kadivhumas Polri di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (11/11).

Jenderal Bintang Dua itu mengatakan, pembahasan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tidak memobilisasi massa dan melakukan pelanggaran.

“Bahwa setiap perayaan HUT itu, kami imbau tidak memobilisasi massa dan tidak melakukan pelanggaran apapun,” jelas mantan Wakapolda Jatim itu.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid meminta TNI dan Polri menjaga keamanan di Papua agar tetap kondusif menjelang HUT OPM.

“Menjelang Desember diharapkan TNI-Polri dapat menjaga kondusivitas guna memastikan Papua tetap aman,” ungkap Meutya di Jayapura, Sabtu (9/11/19).

Diketahui bahwa 1 Desember disebut sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, dimana saat 1 Desember 1961 mereka mengibarkan bendera Bintang Kejora, sebagai simbol pengakuan status berdirinya negara Papua Barat saat masih dikuasai oleh Belanda. Sedangkan menurut versi lain, 1 Desember disebut sebagai tanggal terbentuknya Organisasi Papua Merdeka.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password