Kapolri Rotasi Sejumlah Pejabat di Kepolisian, Ketua KPK Terpilih Naik Pangkat Jadi Komjen

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si. merotasi sejumlah pejabat di institusi kepolisian. Mutasi pejabat kepolisian itu tertuang dalam surat bernomor ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019.

Hal ini merupakan rotasi pertama pasca Jenderal Pol. Idham Azis dilantik menjadi Kapolri, Jumat (1/11/19) lalu.

Jenderal Pol. Idham Azis melakukan mutasi dan rotasi jabatan sebanyak 206 perwira menengah dan perwira tinggi Polri.

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Eko Indra Heri menyebutkan proses rotasi adalah rotasi yang rutin dilakukan. Rotasi tersebut dilakukan karena adanya personel yang pensiun maupun yang bertugas di luar struktur.

“Intinya ini merupakan mutasi rutin untuk menggantikan personel antara lain karena ada yang pensiun, mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti,” jelas Irjen Pol. Eko Indra Heri

Dalam surat tersebut, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen. Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Polri.

Sementara itu Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si. akan menduduki jabatan sebagai Kabaharkam Polri.

Irjen Pol. Firli yang juga telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendapat kenaikan pangkat dari Irjen menjadi Komjen.

Irjen Pol. Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/19).

Sementara itu posisi yang ditinggalkan Ketua KPK terpilih itu akan diisi oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto.

Kemudian, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri Irjen Pol. Muktiono dimutasi menjadi Kapolda Kaltim.

Sedangkan jabatan Koorsahli Kapolri akan diisi oleh Irjen Pol. Refdi Andri.

Irjen. Pol. Refdi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

Posisi Irjen Pol. Refdi Andri akan diisi Kapolda Kepulauan Babel Brigjen Pol. Istiono.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Nico Afinta juga mengalami mutasi.

Brigjen Pol. Nico Afinta akan menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik (Sahlisospol) Kapolri.
Brigen Pol. Nico akan menggantikan Irjen Pol. Ike Edwin, yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sospolsahli Kapolri.

Koordinator Staf Pribadi Pimpinan (Koorspripim) Polri Kombes Pol. Ferdy Sambo akan mendapat kenaikan pangkat dan menduduki jabatan sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri.

Lalu, Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipiter) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Fadil Imran dimutasi sebagai Sahlisosbud Kapolri.

Wadirtipiter Bareskrim Polri Kombes Pol. Mohamad Agung Budijono akan menggantikan posisi Brigjen Pol. Fadil.

Selanjutnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. akan menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM.

Kemudian Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono akan mendapat kenaikan pangkat dan menjabat sebagai Karo Penmas Divhumas Polri.

Sementara itu, jabatan Kombes Pol Argo Yuwono sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya akan diduduki oleh Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri, Kombes Pol Yusri Yunus.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password