Hasil Operasi Zebra Kapuas 2019, Pelanggaran Naik 10 Persen Dibanding Tahun Lalu

Tribratanews.polri.go.id- Pontianak. Kepolisian Daerah Kalimantan Barat telah usai menggelar Operasi Zebra Kapuas selama 14 hari, Polda Kalbar mencatat setidaknya ada 27.016 tilang hingga teguran di wilayah hukumnya.

“Jadi Operasi Kepolisian terpusat yaitu Ops Zebra Kapuas 2019 telah berakhir. Operasi ini memang ditujukan lebih ke penindakan. Jadi bukan lagi tahapan sosialisasi. Ada 12 sasaran yang dijadikan acuan, dari kelangkapan administrasi hingga penggunaan safety belt,” jelas Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Akbar. Rabu (6/11/2019).

Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Akbar mengatakan sekitar 24.058 pengendara yang di tilang selama operasi dan 2.985 teguran lainya untuk pengendara dan di dominasi oleh pelanggaran oleh kendaraan roda dua.

“Untuk total pelanggar ini masih di dominasi oleh sepeda motor yaitu dengan total 18.418. Dari data juga para pengendara sepeda motor ini dengan berbagai macam pelanggaran dimulai dari tidak menggunakan helm SNI sebanyak 4.955, tidak melengkapi surat surat kendaraan dan sim sebanyak 5.582 hingga tilang terhadap pengendara dibawah umur sebanyak 1.634,” jelas Kombes Pol Asep Akbar.

Selain itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Akbar menyampaikan untuk pelanggaran yang banyak dilakukan oleh pengemudi roda empat atau mobil di dominasi oleh tidak menggunakannya safety belt, ini menandakan masih kurangnnya kesadaran para pengemudi.

“Jumlah untuk tilang terhadap pengendara mobil ini di dominasi dengan tidak menggunakan safety belt. Tercatat pelanggara safety belt ini mencapai 4.308. Ini berarti para pengemudi masih belum sadar akan pentingnnya safety belt untuk keselamatan,” tutup Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar.

 

(bb/sw/hy)

 

 

 

 

 

 

(bb/hy/sw)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password